News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Ledakan Massal Pager di Lebanon, Serangan Kepagian Israel ke Hizbullah Karena Ketahuan Duluan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ambulans dikelilingi oleh orang-orang di pintu masuk Pusat Medis Universitas Amerika di Beirut, pada 17 September 2024, setelah ledakan menghantam lokasi di beberapa benteng Hezbollah di sekitar Lebanon di tengah ketegangan lintas batas yang sedang berlangsung antara Israel dan pejuang Hezbollah. - Ratusan orang terluka ketika perangkat pemanggil anggota Hezbollah meledak secara serentak di seluruh Lebanon pada 17 September, dalam apa yang menurut sumber yang dekat dengan gerakan militan tersebut sebagai pelanggaran Israel terhadap komunikasinya. (Photo by Anwar AMRO / AFP)

Ledakan Massal Pager di Lebanon, Serangan Kepagian Israel ke Hizbullah Karena Ketahuan Duluan

TRIBUNNEWS.COM - Serangan teror Israel terhadap Lebanon pada Selasa (17/9/2024) dilaporkan dilakukan Israel sebelum waktunya setelah Tel Aviv menerima informasi intelijen bahwa anggota Hizbullah telah menemukan pager mereka dirusak, menurut laporan Al-Monitor.

Media tersebut melaporkan pada Rabu (18/9/2024) kalau dua anggota Hizbullah menemukan pager yang digunakan dalam serangan itu telah disusupi (retas).

Baca juga: Dubes Iran di Lebanon Kehilangan Mata, Serangan Pager Israel ke Hizbullah Dapat Restu Netanyahu

Baca juga: Hizbullah Mengamuk, Kiryat Shmona Dikurung Api, Sirene Meraung di Kota-Kota Utara Israel

Israel kemudian memutuskan untuk melanjutkan serangan itu lebih awal setelah menerima informasi intelijen tentang penemuan tersebut.

Serangan Kepagian

Al-Monitor mengutip sumber yang mengatakan bahwa ribuan pager dipasangi bahan peledak sebelum dikirim ke Hizbullah.

Laporan menambahkan kalau rencananya, Israel baru akan meledakkan pager tersebut jika terjadi perang habis-habisan antara Hizbullah dan tentara Israel.

Serangan teror Israel ini dirahasiakan bahkan dari Washington, tambah laporan itu.

Adapun laporan situs Amerika Serikat (AS), Axios juga melaporkan pada Rabu bahwa serangan itu diluncurkan sebelum waktunya karena Israel khawatir Hizbullah telah mengetahui rencana tersebut.

"Itu adalah momen gunakan atau hilang," kata seorang pejabat AS kepada Axios.

Belakangan, gelombang kedua serangan teror Israel itu berlanjut pada hari kedua, Rabu.

Baca juga: Gelombang Kedua Serangan Teror Israel Kembali Guncang Lebanon, Mampu Membakar Mobil dan Rumah

“Badan intelijen Israel berencana menggunakan pager yang dipasangi bom di barisan Hizbullah sebagai pukulan pembuka yang mengejutkan dalam perang habis-habisan untuk melumpuhkan Hizbullah,” tulis Axios mengutip pernyataan seorang pejabat Israel yang memiliki informasi. 

Lembaga pertahanan Israel memutuskan untuk melakukan serangan teror sekarang daripada mengambil risiko lebih lanjut untuk ketahuan, demikian laporan tersebut.

“Pada Selasa sore waktu setempat, beberapa menit sebelum pager mulai meledak di Lebanon, [Menteri Pertahanan Israel Yoav] Gallant menelepon Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan mengatakan kepadanya bahwa Israel akan segera melakukan operasi di Lebanon, tetapi menolak memberikan rincian spesifik,” kata Axios.

Lebanon mengumumkan libur sekolah berlaku secara nasional pasca peristiwa ledakan pager di berbagai wilayah Lebanon, Selasa 17 September 2024. Ledakan ini menyebabkan sedikitnya 9 orang tewas dan 2.750 luka-luka. Mossad Israel terlibat dalam aksi pembunuhan ini. (Anadolu Agency)

Kerjaan Mossad

Sedangkan Sky News Arabia mengutip "sumber eksklusif" yang mengatakan pada Selasa kalau "Mossad Israel berhasil mencegat perangkat komunikasi Hizbullah sebelum dikirim ke kelompok tersebut,".

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini