News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Topan Krathon Akan Hantam Taiwan, Pemerintah Kerahkan 40.000 Tentara Siaga Bencana

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hujan melanda wilayah Neihu di Kota Taipei, ibukota Taiwan menjelang datangnya Topan Krathom hari Minggu, 29 September 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Taiwan sedang bersiap menghadapi ancaman bencana alam berupa gelombang badai Topan Krathon dengan tekanan kuat yang akan melanda wilayah barat Taiwan.

Mengantisipasi hal tersebut, pemerintah Taiwan mengerahkan hampir 40.000 tentara untuk siaga bencana pada hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024 untuk upaya penyelamatan warga jika sewaktu-waktu Topan Krathon datang.

Topan kuat Krathon diprediksi mendekati pantai barat daya Taiwan, wilayah yang berpenduduk padat. 

Topan ini diperkirakan akan membawa gelombang badai dan penjaga pantai berlomba untuk menemukan 19 pelaut yang meninggalkan kapal.

Taiwan sering dilanda topan, namun umumnya topan tersebut mendarat di sepanjang pantai timur yang bergunung-gunung dan berpenduduk jarang, menghadap ke Pasifik.

Namun topan ini akan mendarat di dataran datar di bagian barat pulau tersebut.

Gelombang tinggi air laut menyertai tanda-tanda segera datangnya Topan Krathom yang melanda wilayah pesisir barat Taiwan.

Topan Krathon diperkirakan akan menghantam kota pelabuhan utama Kaohsiung pada 2 Oktober pagi, kemudian melintasi pusat Taiwan menuju timur laut dan menyeberang ke Laut Cina Timur, kata Badan Cuaca Pusat (CWA).

Kaohsiung, rumah bagi sekitar 2,7 juta orang, menyatakan hari libur dan meminta masyarakat untuk tinggal di rumah saat Krathon mendekat dan diperkirakan akan dilanda badai kategori 4 menurut Risiko Badai Tropis.

Baca juga: Topan Yagi tewaskan lebih dari 200 orang di Myanmar dan ratusan lainnya di Vietnam

Li Meng-hsiang, peramal cuaca di Badan Cuaca Pusat Taiwan, mengatakan badai telah mencapai intensitas maksimum dan mungkin sedikit melemah saat mendekati Taiwan, memperingatkan akan adanya hembusan angin lebih dari 150 km/jam ke arah barat daya.

“Gelombang badai mungkin membawa air pasang ke daratan,” kata Li. “Jika hujan lebat akan menyulitkan pembuangan air dan akibatnya wilayah pesisir akan terendam banjir.”

Walikota Kaohsiung Chen Chi-mai mengatakan pada pertemuan manajemen bencana bahwa badai tersebut “tidak kalah kuatnya” dibandingkan Topan Thelma tahun 1977 yang menewaskan 37 orang dan menghancurkan kota tersebut.

Penduduk tidak boleh pergi ke pantai, gunung atau dekat sungai dan menghindari keluar rumah kecuali diperlukan, kata pemerintah kota mengutip pernyataannya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya telah menempatkan lebih dari 38.000 tentara dalam keadaan siaga, sementara penduduk Kaohsiung melakukan persiapan sendiri.

“Ini akan menyerang kita secara langsung. Kita harus bersiap sepenuhnya,” kata nelayan Chen Ming-huang, sambil mengencangkan tali perahunya di pelabuhan Kaohsiung. “Dalam skenario terburuk, talinya mungkin putus dan perahu saya bisa hanyut.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini