News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Iran Vs Israel

IDF Klaim Serangan ke Iran Sukses, Israel Kini Punya Kebebasan Operasional di Langit Iran

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

SERANG SURIAH dan IRAN - Foto dokumentasi ini memperlihatkan jet-jet Israel terbang dalam misi tempur. Berulang-ulang, dan sudah sering diprotes, Israel menggunakan wilayah udara Lebanon untuk menyerang wilayah Suriah. Pada Sabtu (26/10/2024), Israel juga menyerang Iran.

Pernyataan IDF Usai Serang Iran: Israel Kini Punya Kebebasan Operasional di Langit Iran

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Pendudukan Israel (IDF) telah mengeluarkan pernyataan menyusul serangan semalam terhadap Iran pada Sabtu (26/10/2024) pagi, merinci sifat target Iran yang diserang oleh jet-jet tempurnya.

Pernyataan itu mengatakan bahwa pesawat-pesawat IDF kembali dengan selamat setelah “menyerang target-target militer di Iran” yang merupakan “respons terhadap serangan Iran terhadap Negara Israel dalam beberapa bulan terakhir”.

IDF menyatakan bahwa serangan balasan terhadap Iran telah selesai, dan mengklaim bahwa semua tujuannya telah tercapai.

Baca juga: AU Iran: Serangan Israel Bisa Ditangkis, Sasar Markas Militer di Teheran, Khuzestan, dan Ilam

Menurut pernyataan tersebut, serangan tersebut ditujukan pada fasilitas produksi rudal yang digunakan Iran dalam serangannya terhadap “Israel”.

Ditambahkannya, jet tempur Israel juga menargetkan jajaran rudal permukaan-ke-udara dan kemampuan udara Iran yang untuk membatasi kebebasan operasi udara Israel di Iran.

Setelah fasilitas-fasilitas ini terkena serangan, kata IDF, Israel kini punya keleluasaan besar untuk beroperasi di langit Iran.  
 
“Israel sekarang memiliki kebebasan operasi udara yang lebih luas di Iran.”

"Target yang diserang dipilih dari kumpulan target yang luas – target dari berbagai jenis, dan kami akan dapat memilih target tambahan dari kumpulan target tersebut dan menyerangnya jika diperlukan," kata pernyataan itu.

“Ini adalah pesan yang jelas – mereka yang mengancam Negara Israel akan membayar harga yang mahal,” ungkapnya.

Iran siap membalas " agresi " Israel, kata kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim pada Sabtu (26/10/2024), mengutip sumber.

"Tidak diragukan lagi bahwa Israel akan menerima respons yang tepat terhadap tindakan apa pun yang diambilnya," sumber tersebut dikutip.

Baca juga: Siap-siap, Israel Segera Serang Iran di Akhir Pekan, IRGC: THAAD Tak Akan Bisa Lindungi Tel Aviv

Hal ini terjadi setelah Israel mengumumkan pada Sabtu pagi kalau militernya melakukan "serangan tepat" terhadap "target militer" di Iran, sementara ledakan terdengar di ibu kota Iran, Teheran.

Media Iran melaporkan suara lima ledakan baru di Teheran, saat Israel memulai gelombang serangan kedua terhadap negara itu.

Baca juga: AU Iran: Serangan Israel Bisa Ditangkis, Sasar Markas Militer di Teheran, Khuzestan, dan Ilam

Tasnim mengonfirmasi kalau sistem pertahanan udara di Teheran pusat telah diaktifkan sebagai respons terhadap serangan yang meningkat.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini