News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bursa Capres

Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Unggul di 3 Provinsi, Ganjar Terkuat di Jateng dan Jatim

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Jataeng Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam artikel mengulas tentang hasil Survei Poltracking yang menunjukkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, capres terkuat di Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jabar.

TRIBUNNEWS.COM - Pada Kamis (15/12/2022), Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas tiga tokoh yang berpotensi menjadi calon presiden (capres).

Berdasarkan survei Poltracking pada 26 November–2 Desember 2022, ada tiga capres terkuat di masing-masing provinsi wilayah Pulau Jawa.

Tiga capres 2024 tersebut, yakni mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Anies menjadi capres terkuat di tiga provinsi, yakni Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Sementara itu, Ganjar unggul di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Di DKI Jakarta, dalam simulasi 3 Capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (49,6 persen), Ganjar Pranowo (27,5 persen), dan Prabowo Subianto (15,7 persen)."

"Di Banten, dalam simulasi 3 Capres terkuat, elektabilitas Anies Baswedan (47,6 persen), Prabowo Subianto (28,5 persen), dan Ganjar Pranowo (16,1 persen)," tulis Hanta Yuda AR, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, dikutip Tribunnews.com dari poltracking.com, Jumat (16/12/2022).

Baca juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Anies Tertinggi di Jakarta, Disusul Ganjar dan Prabowo

Kemudian, dalam simulasi 3 Capres terkuat di Jawa Tengah, elektabilitas Ganjar Pranowo sebanyak 71,4 peren, Prabowo Subianto 10,8 persen, dan Anies Baswedan 9 persen.

Menurut Hanta Yuda AR, angka tersebut, menggambarkan elektabilitas Anies Baswedan relatif lebih tinggi di Jakarta dan Banten.

Elektabilitas Anies terpaut di atas 19 persen dibandingkan kandidat lainnya.

"Sementara di Jawa Barat, Anies Baswedan relatif kompetitif, hanya terpaut 6 persen dengan Prabowo Subianto."

"Dan di Jawa Timur Ganjar Pranowo terpaut 11 persen dengan Prabowo Subianto. Sementara di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sangat signifikan perolehan elektbilitasnya, terpaut 60 persen dibandingkan kandidat lainnya," jelasnya.

Selain melakukan survei simulasi tiga capres, Poltracking Indonesia juga melakukan simulasi terhadap 10 Cawapres potensial di masing-masing provinsi.

Di Banten, elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono 29,7 persen, Ridwan Kamil 16,6 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 13,1 persen, Erick Thohir 11,7 persen.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini