News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Koalisi Partai Politik

Pengamat: Setelah Manufer PPP Dukung Ganjar KIB di Masa Krisis, Secara de facto KIB sudah Bubar

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) saat jumpa pers usai pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono di Rumah Dinasnya, Kompleks Menteri, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (27/4/2023). Pengamat sebut setelah manufer PPP dukung Ganjar sejatinya KIB berada di masa krisis, secara de facto, KIB sudah Bubar.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para ketua umum partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar pertemuan pada Kamis (27/4) malam.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono bertemu di kawasan Jakarta Selatan.

Pertemuan itu digelar menyusul salah satu anggotanya, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Keputusan partai berlambang Ka'bah itu tentu merubah konstelasi politik internal KIB.

Di mana sebelumnya ketiga partai yakni Partai Golkar, PAN dan PPP telah sepakat bakal bergandengan tangan di Pilpres 2024.

Baca juga: KIB Tak Bubar, PAN dan Golkar Hormati PPP yang Lebih Dulu Umumkan Ganjar Pranowo Capres

Lalu, apakah keputusan PPP yang mendukung kader PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo membuat KIB bubar?

Dan, pertemuan ketiga ketum parpol itu sebagai tanda resmi bubarnya KIB?

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono pun menegaskan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas bersama Partai Golkar, PAN tidak bubar.

"Kalau ada orang mengatakan ini KIB bubar, enggak-enggak gak bubar," kata Mardiono, Kamis (27/4) malam.

Bahkan kata dia, jika nantinya KIB memiliki calon presiden yang sama untuk diusung, bukan tidak mungkin koalisi tersebut menjadi lebih besar.

Mardiono menyebut, bentuk kerjasama itu sebagai koalisi plus.

"Manakala nanti pilihannya sama, itu nanti jadi koalisi plus potensi plus ini yang disampaikan pak Ketum Golkar," ucap dia.

Terlebih kata dia, sejauh ini, para ketua umum partai di KIB masih bersama-sama di pemerintahan dan di parlemen.

Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono (kanan), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (kanan) dan Ketua Umum Golkar?Airlangga Hartarto (tengah) memberikan terangan dipertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)?yang diinisiasi Golkar, PAN, dan PPP melakukan pertemuan di kediaman Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Jalan Widya Chandra III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/4/2023).? KIB menggelar pertemuan usai PPP menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres. Para ketum yang terdiri dari tiga parpol yakni Golkar, PPP dan PAN akan membahas keberlanjutan dan arah KIB. (Warta Kota/YULIANTO) (WARTAKOTA/YULIANTO)

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap solid.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini