News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Hasil Survei Pilpres Terbaru, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo Bersaing Ketat

Penulis: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

(Searah jarum jam) Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; dan Anies Baswedan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga figur calon Presiden yang namanya mencuat berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan sejumlah survei yang disampaikan sepekan terakhir.

Prabowo Subianto menjadi calon presiden yang diusung Gerindra, dan mendapatkan dukungan dari PKB,  Ganjar didukung PDIP, PPP, PSI dan Hanura sedangkan Anies Baswedan yang dicalonkan Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Berdasarkan survei yang dilakukan Poltracking, SMRC dan Indikator Politik Indonesia, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing cukup ketat mengingat selisihnya mendekati margin of error survei, sementara Anies Baswedan berada di urutan ke-3.

Survei Poltracking  : Prabowo Subianto Raih 33 Persen       

Berdasarkan survei terbaru Poltracking, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto unggul dari dua calon kuat lainnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei ini dilakukan pada periode Februari, Maret, April 2023 diawali dengan simulasi 20 nama calon presiden.

Baca juga: Gerindra Sulut Perkuat Konsolidasi Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Responden awalnya diberi pertanyaan 'Di antara calon presiden berikut ini, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih dalam Pilpres 2024?'.

Simulasi 20 calon, Prabowo ada di urutan teratas yang dipilih responden dengan angka 28,8 persen, disusul Ganjar 27,5% dan Anies Baswedan 19,3%.

Saat dikerucutkan 10 calon presiden, Prabowo Subianto: 30,1% , Ganjar Pranowo: 28,3% dan Anies Baswedan 20,4%.

Simulasi kembali dikerucutkan menjadi 3 nama capres dengan hasil :

1. Prabowo Subianto (33 persen)                                                                                                    2. Ganjar Pranowo (31,1 persen)                                                                                                    3. Anies Baswedan (22,4 persen)

Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling melibatkan 1.220 responden yang merupakan warga dengan hak pilih, berusia 17 tahun ke atas, atau sudah menikah. Margin of error survei berada di +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei dilakukan dengan tatap muka langsung.

Survei SMRC : Prabowo dan Ganjar Bersaing Ketat 

Sementara elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat, ketika simulasi dilakukan pada pertanyaan tertutup empat nama calon presiden atau capres dalam survei Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) tanggal 25-28 April 2023 pada pemilih kritis.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini