News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

NasDem Sebut Belum Ada Pengumuman Cawapres Anies, Kamhar Demokrat: Tak Elok Bangun Narasi Mendikte

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan maju di Pilpres 2024 masih dinantikan publik. Satu nama disebut sudah berada di kantong Anies.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani merespon pernyataan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali tidak ada urgensi umumkan cawapres Anies Baswedan dalam waktu dekat.

Dikatakan Kamhar bahwa terkait cawapres sudah diserahkan kepada Anies Baswedan selaku Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Kamhar juga menyebutkan tak elok jika kemudian terbangun narasi yang terkesan mendikte.

"Terkait Cawapres sepenuhnya diserahkan kepada Mas Anies. Kriterianya sudah jelas, tak elok jika kemudian terbangun narasi yang terkesan mendikte," kata Kamhar dalam keterangannya Minggu (20/8/2023).

Ia melanjutkan namun pihaknya perlu mengingatkan dalam hal waktu pelaksanaan deklarasi paket komplit, mengingat dalam piagam kerjasama tiga partai.

"Point keempat bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama KPP akan menyelenggarakan deklarasi dan mengumumkan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024-2029," kata Kamhar.

Kemudian dikatakanya saat ini koalisinya telah melewati separuh jalan penandatangan deklarasi menuju Pilpres.

"Artinya sudah kelamaan. Lagipula tak ada argumentasi logis secara politik untuk menunda-nunda. Koalisi lain mungkin menunggu putusan MK terkait batas umur minum Cawapres, kita tidak demikian," tegasnya.

Dikatakan Kamhar deklarasi paket komplit ini mesti disegerakan mengingat koalisinya tak memiliki kemewahan berupa dukungan elektabilitas yang jauh mengungguli kompetitor. 

"Kita juga tak memiliki kemewahan sebagai penguasa atau didukung penguasa. Satu-satunya kemewahan yang masih dimiliki saat ini, adalah waktu. Momentum itu diciptakan (by design) bukan terberi (given), deklarasi paket komplit bisa menjadi momentum politik yang baik bagi Koalisi Perubahan," kata Kamhar.

Ia menegaskan masih ada waktu yang tersedia untuk mengejar ketertinggalan dan membalik keadaan. 

"Ini yang mesti dicermati secara seksama, salah menghitung waktu, sesal kemudian. Kita semua tak ingin itu terjadi," tegasnya.

Adapun sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali memastikan tidak ada deklarasi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan dalam waktu dekat.

Baca juga: NasDem: Tidak Ada Deklarasi Cawapres Anies Baswedan dalam Waktu Dekat

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini