News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Ganjar Tegaskan Komitmennya Sikat Korupsi dan Tegakkan UU Perampasan Aset

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat menghadiri Dies Natalis ke-74 Universitas Gadjah Mada.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, kembali menegaskan komitmennya dalam pemberantasan korupsi dan menjalankan UU Perampasan Aset koruptor jika terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ganjar, usai menghadiri dies natalis Universitas Gadjah Mada (UGM) ke-74 di Graha Sabha Pramana UGM, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Hadiri Dies Natalis ke-74 UGM, Ganjar Pranowo Minta Perguruan Tinggi Optimalkan Bonus Demografi

Ganjar mengatakan, komitmen untuk memberangus korupsi harus ditunjukkan dengan sikap yang tidak hanya sekadar dengan tindakan, tetapi juga dibarengi dengan keinginan bersama untuk mencegah tindak korupsi.

"Perampasan aset harus segera karena itu yang menjadi tuntutan masyarakat, karena tidak hanya sekadar tindakan saja tetapi pencegahan jauh lebih penting juga," ujar Ganjar di lokasi.

Alumnus Fakultas Hukum UGM itu menambahkan, tindakan pencegahan korupsi wajib untuk diajarkan dan diedukasi ke masyarakat sejak dini.

Baca juga: Mengenal Sosok 3 Capres Peserta Pilpres 2024, Ganjar Ternyata Sempat Diberi Nama Belakang Sungkowo

Menurut Ganjar, tindak penyelewengan seperti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) adalah perilaku dasar manusia yang harus dihindari sejak dini agar perilaku tersebut tidak mengakar dan meluas.

"Itulah mengapa pentingnya pendidikan antikorupsi sejak dini," ucap Ganjar.

Sejak menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, komitmen Ganjar dalam pemberantasan korupsi sudah ditunjukkan sejak awal kepemimpinannya.

Membawa slogan 'Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi' atau tidak korupsi dan tidak berkhianat, Ganjar selalu menekankan ke jajarannya maupun ke masyarakat untuk menghindari tindak korupsi sejak dini.

Komitmen itu kemudian ditegaskan lagi oleh Ganjar dengan meneken kerja sama ke KPK dengan seluruh kepala daerah se-Jawa Tengah terkait pencegahan korupsi. 

Kini, Ganjar pun terus membawa komitmen itu ke tingkat yang lebih luas lagi di tingkat nasional. Melalui keyakinan tersebut, Ganjar ingin menghapus korupsi hingga ke akar-akarnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo Jelaskan Makna dari Slogan Cepat dan Unggul 

"Maka waktu kerja sama dengan KPK untuk 35 bupati dan wali kota menandatangani kesepakatan komitmen pendidikan sejak dini, bahkan sejak PAUD itu jauh lebih penting karena itu investasi jangka panjang membentuk karakter dan merubah perilaku untuk mencegah hal-hal yang buruk," tegas Ganjar.

Sejak resmi menjadi Capres 2024, Ganjar telah menunjukkan keinginnanya untuk memberantas korupsi di tanah air dengan pernyataan bakal menyeret seluruh koruptor ke Nusakambangan.

Pernyataan itu lantas terus dibawa Ganjar bersama pasangannya, Mahfud MD, untuk memperlihatkan keseriusannya dalam membasmi korupsi, menegakkan hukum dan keadilan setegak-tegaknya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini