News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ikut Dampingi Atikoh Ganjar Temui UMKM di Tegal, Elite PDIP soroti Perlunya Kurasi Produk 

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Istri capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yakni Siti Atikoh Supriyanti (kanan) dengan Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani (kiri) saat menyambangi sentra UMKM di Sand Beach Resto Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAWA TENGAH - Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani turut dampingi istri capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yakni Siti Atikoh Supriyanti saat menyambangi sentra UMKM di Sand Beach Resto, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya itu, Wiryanti menaruh fokus pada bagaimana suatu produk UMKM bisa diterima oleh masyarakat.

Kata dia, upaya yang harus dilakukan yakni dengan melakukan kurasi terhadap produk yang dijual.

"Jadi, apa yang namanya seperti apa yang dikatakan Bu Atikoh tadi memang kita dengan susah payah untuk mengkurasi produk produk UMKM Tegal ini kita ikutkan pameran nasional maupun internasional sampai akhirnya bisa diterima," kata Wiryanti kepada awak media di Sand Beach Resto, Kabupaten Tegal, Jumat (29/12/2023) sore.

Kata dia, untuk di wilayah Tegal sendiri ada setidaknya 70 persen produk yang telah berhasil diterima oleh masyarakat.

Kata dia, jumlah tersebut telah merupakan capaian yang baik, namun, tetap pihaknya berharap tidak hanya di Tegal melainkan juga di seluruh wilayah Indonesia.

"Jadi, dari 100 persen produk yang kita kurasi, 70 persen bisa diterima, nah itu yang membanggakan, itu kita terus berupaya agar produk tidak hanya Tegal tetapi juga di seluruh Indonesia untuk bisa bermain di kancah nasional maupun internasional," ucap dia.

Baca juga: Penahanan Jubir Timnas AMIN Indra Charismiadji Ditangguhkan, Kini Tak Lagi Huni Rutan Cipinang

Menurutnya, melakukan kurasi adalah hal paling mendasar agar pegiat UMKM di daerah-daerah bisa bersaing di pasar global.

Beberapa yang menjadi catatan dalam melakukan kurasi yakni memastikan sertifiksi produk tersebut dan kandungan bahan pokok yang digunakan.

"Jadi, untuk bisa menjadi pemain nasional maupun internasional itu harus dikuasi dulu harus dicek dulu tadi apakah punya sertifikat halal, atau dia bagaimana dia kandungan gulanya dan sebagainya, itu sangat penting," tukas Wiryanti.

Sebelumnya, Istri capres RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo yakni Siti Atikoh Supriyanti menyambangi sentra UMKM di Sand Beach Resto, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dalam rangkaian safari politik sekaligus serap aspirasi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Atikoh Ganjar juga menyempatkan diri untuk berdialog secara langsung dengan para pelaku UMKM setempat.

Kepada wartawan, Atikoh mengaku mendapatkan keluhan soal harga dari bahan pokok, terutama gula.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini