News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Berikut Lima Hasil Survei Capres Terbaru di Januari 2024: Pilpres Bakal Berlangsung Dua Putaran?

Penulis: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dalam pekan ini, setidaknya ada lima lembaga survei yang merilis temuan mereka tentang elektabilitas capres cawapres. Bagaimana hasilnya?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam pekan ini, setidaknya ada lima lembaga survei yang merilis temuan mereka tentang elektabilitas capres cawapres.

Mulai dari Lembaga Pusat Polling (Puspoll) Indonesia, Lembaga Survei Nasional, Lembaga riset dan survei Indonesia Political Expert (IPE) hingga Lembaga Survei Indonesia Data Insight.

Meski punya angka dan temuan yang berbeda, semua lembaga survei menunjukkan, setidaknya hingga kini, pilpres kemungkinan besar akan digelar dua putaran.

Dalam temuan mereka belum ada paslon yang mampu menembus angka lebih dari 50 persen, termasuk Prabowo-Gibran yang kerap unggul di banyak lembaga survei.

Lalu, bagaimana selengkapnya masing-masing hasil survei dari 5 lembaga survei tersebut? Berikut rangkumannya?

1. Lembaga Survei Indonesia Data Insight

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia Data Insight (Id-Insight) pada 1.200 orang, ditemukan popularitas calon presiden (capres) saat ini, yakni capres 1 Anies Baswedan, capres 2 Prabowo Subianto, dan capres 3 Ganjar Pranowo sama-sama kuat.

Namun, tingkat keterkenalan tidak diikuti dengan ketersukaan dan keterpilihan.

"Popularitas kandidat capres dan cawapres rata-rata sudah cukup tinggi, namun tidak cukup paralel dengan tingkat ketersukaan pemilih," Kata Direktur Eksekutif sekaligus Peneliti Senior di Lembaga Indonesia Data Insight (Id-Insight), John Muhammad, dalam kegiatan rilis Hasil Survei Nasional Peta Politik Jelang Pemilu 2024 diadakan di Hotel Amaris, Juanda, Kamis (4/1/2023).

Ia mengungkapkan, tingkat keterkenalan Prabowo tertinggi 97,9 persen, Ganjar 97,1%, dan Anies 95,8%.

Namun, sambungnya, tingkat ketersukaan Prabowo hanya 69,8%.

Angka itu lebih rendah daripada Ganjar yang mencapai 74,4%. Sementara itu, angka ketersukaan Anies juga lebih rendah daripada Ganjar yang hanya 59,3%.

Bagaimana dengan tingkat keterpilihan Prabowo? Menurut idinsight mencatat elektabilitas Prabowo dalam pertanyaan terbuka di angka 33,8%.

Angka ini masih lebih tinggi daripada Anies Baswedan di 21,2%. Akan tetapi masih kalah dengan Ganjar yang berada di angka 34,7%.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini