News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Reforma Agraria akan Jadi Fokus Gibran Rakabuming dalam Debat Cawapres

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko saat ditemui di Perpusnas RI, Kamis (18/1/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menegaskan, persoalan reforma agraria akan menjadi fokus Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres kedua.

Adapun debat cawapres kedua akan digelar pada, Minggu (21/1/2024) dengan tema debat Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan Desa.

Baca juga: Persiapan Debat, Sandiaga Uno Ungkap Mahfud MD Bakal Yakinkan 25 Persen Suara Pemilih Bimbang

Pembahasan itu dijadikan fokus karena kata Budiman, sejauh ini Gibran Rakabuming hanya bekerja pada permasalahan kota dalam jabatannya sebagai Wali Kota Solo.

"Mas Gibran kan pengalamannya di kota, sehingga mungkin kita akan banyak bicara soal reforma agraria, masyarakat adat dan desa yang memang tidak ada di wilayah kota. Itu kita intens melakukan itu," kata Budiman saat ditemui usai diskusi bersama AIPI bertajuk 'Perubahan Iklim dan Transisi Energi Berkeadilan-Sains, Inovasi dan Arah Kebijakan Pemerintahan Baru, di Perpusnas RI, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: TPN Ungkap Transisi Energi Berkeadilan Jadi Topik Utama yang Dibawa Mahfud MD dalam Debat Cawapres

Lebih lanjut kata dia, dalam debat besok terdapat tema yang dianggap menguntungkan Gibran Rakabuming. Salah satunya yakni soal energi baru terbarukan (EBT).

Kata Budiman, putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu sudah menerapkan konsep tersebut di Solo.

"Kalau soal energi terbarukan, mas Gibran sudah ada praktek-prakteknya di kota Solo. Tapi Masalah adat desa dan reforma agraria, kami banyak melakukan penekanan pendampingan ke arah sana dengan diskusi dengan beliau," beber dia.

Meski begitu, mantan politikus PDI Perjuangan tersebut menyatakan, pihaknya baru akan menyatukan pemikiran dan konsep debat untuk Gibran Rakabuming pada Jumat besok.

Kata dia, pada kesempatan itu, jajaran TKN akan memberikan arahan yang padu untuk penampilan Gibran di atas panggung debat.

"Itu nanti baru kita akan selesai mungkin hari Jumat ya. Tapi tema-tema itu kita cover semua. Tugas cawapres adalah dia menentukan di panggung. Situasinya bagaimana, yang kita sediakan oleh dewan pakar adalah positioning, substansi, sikap posisi capres cawapres kita," tukas dia.

Di sisi lain, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menegaskan upaya transisi energi berkeadilan akan menjadi fokus dari pasangan capres-cawapres nomor urut 3, dalam menjawab tantangan masa depan bangsa Indonesia dari sektor energi.

Bahkan kata Sekretaris Eksekutif TPN Ganjar-Mahfud, Heru Dewanto, pembahasan terkait dengan transisi energi berkeadilan ini akan menjadi topik utama yang dibawakan Mahfud MD dalam debat cawapres kedua.

Baca juga: Strategi Cak Imin di Debat Cawapres: Serang Gibran soal Etik, Food Estate hingga Siapkan Kejutan

"Kalau di bidang energi ya kita akan menyampaikan transisi energi yang direncanakan pak Mahfud dan mas Ganjar itu adalah transisi energi yang berkeadilan," kata Heru dalam kesempatan yang sama.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini