News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Bawaslu Minta Kominfo Take Down Unggahan Foto Kampanye di Akun Instagram Kaesang

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Lolly Suhenty, dalam diskusi bertajuk 'Temuan Hoaks Pemilu dan Potensi Hoaks Jelang Pemungutan Suara', di Media Center Bawaslu RI, Jakarta Pusat, pada Senin (12/2/2024)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menurunkan atau melakukan take down terhadap foto kampanye yang diunggah Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat masa tenang.

"Kami melakukan kajian dan kami minta Kominfo untuk take down. Kami melakukan kajian dalam patroli siber kami," kata Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty saat dikonfirmasi, Selasa (13/2/2024).

"Patroli siber ini kan kami bekerjasama dengan Kominfo termasuk dengan platform media sosial. Supaya nanti tidak melebar kemana-mana dulu," sambungnya.

Hingga saat ini Bawaslu masih melakukan kajian dan tengah berkomunikasi dengan Kaesang untuk kajian pendalaman apakah ada pelanggaran atau tidak dalam tindakan yang dilakukan oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

"Jadi kita minta yang bersangkutan juga itu untuk kami sudah komunikasikan, dalam konteks ini kami melakukan kajian pendalaman soal ini," jelas Lolly.

Baca juga: Bawaslu Telusuri Unggahan Foto Kampanye Kaesang Saat Masa Tenang

Lolly mengatakan selama masa tenang sudah tidak boleh lagi ada berita, iklan, rekam jejak, atau bentuk lain yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon tertentu.

"Dalam konteks ini viralnya informasi itu langsung kami dalami. Saat ini sedang dalam kajiannya Bawaslu tetapi untuk langkah cepatnya kami sudah meminta agar itu di-take down," tuturnya.

"Karena ini kan berproses. Nah kita mau semua pihak sama-sama menjaga kondusifitas. Kalau unsur menguntungkan atau merugikan terpenuhi maka tentu kami akan tindaklanjuti," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kaesang melalui akun resminya di Instagram mengunggah foto kegiatan kampanye PSI berlambang bunga mawar di banyak wilayah yakni Solo, Kediri, Deli Serdang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Unggahan yang di dalamnya termasuk foto simulasi mencoblos Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di surat suara Pilpres 2024 itu pun disertai ajakan memilih PSI secara implisit 'Ayo Kebun Mawar-kan seluruh Indonesia'.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini