News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Daftar Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Rusia Inggris hingga China, AS Agak Lain

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi. Sejumlah pemimpin dunia, di antaranya Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden Rusia Vladimir Putin, pemerintah Republik Rakyat China (RRC) melalui Duta Besar RRC Lu Kang meenyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangan Pilpres 2024 sebagai hasil hitung cepat atau quick count. Sementara, Presiden Amerika Serikat Joe Biden belum melakukan hal serupa karena masih menunggu hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu per satu pemimpin dunia baik langsung maupun tidak langsung telah mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih RI pasca-namanya unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei dan hitung nyata (real count) Komisi Pemilihan (KPU).

Diketahui, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 58 persen suara nasional Pilpres 2024 dalam quick count lima lembaga survei terverifikasi yakni Litbang Kompas, LSI Denny JA, Saiful Mujani Research & Consulting, Poltrackinig dan Indikator.

Sementara, capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di posisi kedua dengan 24-25 persen suara.

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung PDIP dkk berada di posisi buncit dengan 6-17 persen.

      

Prabowo-Gibran juga unggul dalam real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia.

Per Sabtu, 17 Februari 2024 pukul 19.30 WIB, Prabowo-Gibran meraih 57,05 persen, Anies-Muhaimin 24,48 persen dan Ganjar-Mahfud 17,57 persen.

Baca juga: Momen Kucing Bobby Temani Prabowo Terima Kunjungan Dubes Tiongkok di Kertanegara

Lantas, siapa saja pemimpin dunia maupun perwakilan negara lain yang sudah mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran atas hasil tersebut hingga Minggu, 18 Februari 2024? Berikut rangkuman Tribunnews.com:

1. Australia

Ucapan selamat pemerintah Australia disampaikan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese lewat sambungan telepon ke Prabowo dan unggahan di media sosial X.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru setelah dilantik pada Oktober 2024," tutupnya.," tulis Albanese dalam unggahan di X.

2. Singapura

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga menyampaikan ucapan selamat ke Prabowo melalui telepon. Bahkan, Lee menelepon dan mengucapkan selamat ke Presiden Jokowi atas kelancaran dan kesuksesan pemilu di Indonesia.

Baca juga: Amerika Serikat Menantikan Hasil Pemilu 2024 di Indonesia

"Selama menjabat, PM Lee dan Presiden Jokowi memperkuat hubungan erat antara Indonesia dan Singapura melalui penyelesaian masalah bilateral yang telah berlangsung lama, dan memetakan bidang kerja sama baru di bidang keberlanjutan ekonomi digital dan pengembangan sumber daya manusia," kata Chang.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini