News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Ahli Prabowo-Gibran di Sidang MK: Kubu Ganjar yang Diuntungkan oleh Bansos

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024 di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (4/4/2024). Sidang ini beragenda mendengar keterangan saksi dari kubu Prabowo-Gibran.

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pendiri lembaga survei Cyrus Network, Hasan Nasbi sekaligus ahli yang dihadirkan oleh tim Prabowo-Gibran dalam sidang sengketa pemilihan umum presiden (presiden) mengatakan pembagian bantuan sosial (bansos) lebih berdampak kepada pasangan Ganjar-Mahfud.

Lebih lanjut dalam sidang yang berlangsung di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (4/4/2024), Hasan mengatakan ada atau tidaknya bansos, raihan Prabowo-Gibran tetap unggul di antara dua pasangan calon lainnya.

"Kalau di kalangan penerima bansos elektabilitas Prabowo-Gibran 58 persen, dengan baseline 58, di kalangan non penerima bansos 57 persen, hampir enggak ada efeknya," kata Hasan.

Sementara itu, menurutnya, Ganjar-Mahfud justru menjadi pasangan yang menerima dampak cukup signifikan dari pembagian bansos. Terlihat dari perolehan suara Ganjar-Mahfud yang berbeda diantara kalangan penerima bansos dan non bansos.

Di kalangan penerima bansos, Ganjar-Mahfud mendapatkan suara 22 persen dengan baseline 17. Sedangkan, di kalangan non penerima bansos, Ganjar-Mahfud hanya mendapatkan suara 16 persen.

Kemudian, untuk Anies-Muhaimin menjadi pasangan yang memperoleh suara terkecil di kalangan penerima bansos sebesar 19 persen. Sedangkan di kalangan non penerima bansos, Anies-Muhaimin mendapatkan 27 persen suara.

"Jadi kalau ada komplain dari Mas Anies komplain ke Mas Ganjar, karena dari penerima bansos yang dapat keuntungan kasat mata itu adalah Mas Ganjar-Mahfud," tuturnya.

Maka, kata Hasan, pembagian bansos tidak berpengaruh terhadap suara Prabowo-Gibran. Terlebih, Hasan mengatakan bansos tidak ada keterkaitan dengan keterpilihan petahana.

Baca juga: Pilgub Jakarta Hanya Satu Putaran, Pengamat Nilai Anies dan Ahok Paling Diuntungkan

"Ini bukti bahwa itu studi yang mengatakan bansos punya pengaruh terhadap keterpilihan petahana tidak ada," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini