News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Peta Politik Jelang Pilgub Jateng: Sudaryono, Hendrar Prihadi, Bambang Pacul Sama-sama Berpeluang

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi. Sejumlah nama dinilai berpeluang maju di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng). Mulai Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, eks Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, hingga Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah nama dinilai berpeluang maju di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng).

Mereka di antaranya adalah Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, eks Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, hingga Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi.

Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM) Heru Supriyatno menjelaskan peta politik menjelang Pilgub Jateng berdasarkan temuan survei yang dirilisnya hari ini, Senin (27/5/2024).

Heru Supriyatno mengatakan, untuk menguji preferensi masyarakat Jawa Tengah terhadap tingkat penerimaan serta elektabilitas nama-nama yang memiliki potensi bakal maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah, pihaknya melakukan survei pada 1-12 Mei 2024.

Heru menyebutkan, survei IDM dilakukan terhadap 1.998 masyarakat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap di Jawa Tengah pada pemilu 2024 di 35 kabupaten / kota di Jawa Tengah.

"Metode wawancara survei dilakukan dengan cara tatap muka, yaitu responden diwawancara secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Hasil survei ini memiliki margin of error -/+ 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen," kata Heru dalam keterangan tertulis pada Senin (27/5/2024).

Lebih lanjut dipaparkannya, dalam uji akseptabilitas masyarakat terhadap sejumlah tokoh tersebut, Hendrar Prihadi memiliki tingkat akseptabilitas sebesar 70,1 persen.

Kemudian Sudaryono 69,8 persen, Bambang Pacul 61,8 persen, Taj Yasin 60,6 persen, Ahmad Lutfi 57,3 persen, Dico Ganinduto 53,7 persen dan Yusuf Chudlori 52,8 persen.

Dalam uji tingkat keterpilihan bakal calon Gubernur Jateng ketika diajukan pertanyaan kepada responden secara terbuka dan spontan mengenai siapa yang akan dipilih dalam Pilkada Jateng 2024, nama yang muncul Hendrar Prihadi dengan 20,6 persen.

Selanjutnya Sudaryono sebesar 19,9 persen, Bambang Pacul 9,2 persen, Ahmad Lutfi 8,1 persen, Taj Yasin 7,3 persen.

Sementara itu, Pengamat politik FISIP Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Royke Roberth Siahainenia mengungkapkan alasan Sudaryono dipilih masyarakat Jawa Tengah.

Alasannya karena Pilkada Jateng menjadi adu gengsi partai politik (parpol).

"Survei yang menjadikan Sudaryono sebagai tokoh yang lebih dipilih masyarakat Jateng itu menjadi kekuatan Gerindra untuk memenangkan Daryono di Pilkada Jateng 2024," kata Roberth pada Senin (27/5/2024).

"Di pilkada Jateng itu menjadi adu gengsi partai politik (parpol) untuk memunculkan jagoannya agar menang di pilkada Jateng," beber Roberth.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini