News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

7 Kader Senior PDIP Ditugasi Megawati Dekati Parpol Lain di Pilkada, Ada Hasto hingga Basarah

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Dodi Esvandi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto saat ditemui seusai mengisi Pelatihan Pemenagan Pilkada 2024 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com,  Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara PDI Perjuangan (PDIP) Aryo Seno Bagaskoro membenarkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menugaskan tujuh kader senior partai untuk berkomunikasi dengan partai politik (parpol) lain di Pilkada 2024.

Seno mengatakan, ketujuh kader tersebut dipilih karena memiliki hubungan yang baik dengan parpol lain.

"Ya, tujuh kader senior itu yang dipersiapkan adalah kader-kader yang memang memiliki hubungan baik dengan berbagai partai politik yang ada berdasarkan pengalaman dinamika pemilu dari tahun ke tahun," kata Seno kepada Tribunnews.com, Jumat (9/8/2024).

Menurutnya, beberapa kader tersebut di antaranya Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Said Abdullah, dan beberapa kader lainnya.

"Di antaranya Pak Ahmad Basarah, Kemudian Pak Said Abdullah, termasuk juga Pak Sekjen juga proaktif melakukan komunikasi politik untuk menggalang kerja sama yang tujuannya adalah menguntungkan rakyat," ujar Seno.

Baca juga: Ditanya Peluang Gaet Anies pada Pilkada Jakarta, Hasto Sebut PDIP Selalu Bangun Komunikasi

Seno menjelaskan, para kader senior itu melakukan komunikasi dengan berbagai parpol menyangkut kerja sama Pilkada seluruh daerah.

"Maka tentu tidak hanya dalam perspektif Jakarta, tetapi juga dalam mengerucutkan nama-nama tokoh yang harus diajukan di berbagai daerah yang lain," ucapnya.

Dia menuturkan, komunikasi dilakukan berdasarkan logika kuantitatif melalui pendekatan survei.

"Juga metode kualitatif melalui pendekatan pendalaman-pendalaman seperti fit and proper test," ungkap Seno.

Sebelumnya, Hasto mengatakan partainya sudah mengantongi nama untuk diusung dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

"Nama-nama sudah ada. Proses dialog sudah dilakukan," kata Hasto di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Menurut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menugaskan tujuh kader senior partai untuk berkomunikasi dengan partai lain.

"Ibu Megawati Soekarnoputri menugaskan tujuh kader senior untuk melakukan pendekatan-pendekatan dengan partai politik lain," ujarnya.

Baca juga: Anies Terancam Diceraikan PKS, hingga PDIP dan Ahok Dianggap Bisa Jadi Penyelamat di Pilgub DKI 2024

Namun Hasto tak menyebutkan siapa saja 7 kader yang ditugaskan oleh Megawati itu.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini meyakini masih ada peluang Pilkada Jakarta tak diikuti pasangan calon yang melawan kotak kosong.

"Belum terancam masih ada peluang," ucap politisi asal Yogyakarta itu.

Hasto menjelaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memperpanjang waktu pendaftaran apabila ada kotak kosong.

"Karena nanti kalau misalnya ada indikasi kotak kosong pun KPU akan memberikan perpanjangan biasanya. Di situlah bisa terjadi perubahan konstelasi," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini