News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta 2024

Didukung Koalisi Besar, PAN Optimistis Ridwan Kamil Menang di Pilkada Jakarta 2024

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2023).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) menyebut, pencalonan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta akan didukung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus atau Koalisi Besar.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi yang menyebut dalam waktu dekat, pimpinan KIM bersama PKS, PKB dan NasDem, akan mengumumkan nama bakal cawagub Ridwan Kamil.

Dengan begitu, Viva Yoga memastikan pertarungan pada Pilkada Jakarta pada November 2024 mendatang, berpotensi akan dimenangkan oleh mantan Gubernur Jawa Barat tersebut.

"Itu akan menjadi Koalisi Besar dan punya potensi untuk memenangi Pilkada di DKJ (Daerah Khusus Jakarta, red)," kata Viva Yoga kepada Tribunnews, Sabtu (10/8/2024).

Meski begitu, Viva Yoga belum dapat memastikan kapan para pimpinan KIM Plus tersebut akan mendeklarasi dukungan untuk Ridwan Kamil dan cawagubnya.

Saat disinggung soal sosok berinisial S yang diungkap oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai pendamping Ridwan Kamil, Viva Yoga enggan membocorkan lebih jauh.

Dirinya hanya meminta agar publik bisa menunggu pengumuman nantinya.

"Soal inisial S nanti ditunggu saja ya perkembangannya," tandas dia.

Baca juga: Di Tengah Isu Gagal Maju Pilkada Jakarta, Anies Mengaku Terus Berkomunikasi dengan PDIP

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (Waketum PAN) Viva Yoga Mauladi menyatakan, sejatinya bakal calon wakil gubernur untuk Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

Kata Viva, pengumuman sosok yang digadang berinisial S itu akan dilakukan oleh para pimpinan Koalisi Indonesia Maju (KIM) nantinya.

"Pendamping Bang Emil di DKJ nanti akan diputuskan bersama-sama oleh Koalisi Partai, Koalisi Indonesia Maju," kata Viva Yoga kepada Tribunnews, Sabtu (10/8/2024).

Kendati begitu kata dia, tak hanya pimpinan KIM yang nantinya mengumumkan pengusungan cawagub untuk Ridwan Kamil.

Melainkan juga diikuti oleh pimpinan PKS, PKB dan NasDem yang sebelumnya sudah lebih dulu mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

Baca juga: Bobby Nasution Siap Diperiksa Terkait Blok Medan, KPK Angkat Bicara

Viva menyebut, dengan adanya dukungan dari tiga partai tambahan itu, maka menjadikan koalisi pendukung Ridwan Kamil menjadi koalisi besar.

"Ditambah dengan PKS, NasDem PKB itu akan menjadi koalisi besar," ucap dia.

Pernyataan Viva Yoga ini menjadikan sinyal kalau, tiga partai yang sudah mengumumkan mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta ini akan bergabung di KIM.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini