News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Kasus Perdagangan Manusia di NTT masih Menjadi Permasalahan, Diperlukan Pembenahan Aparat

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakal calon Gubernur NTT Brigjen Simon Petrus Kamlasi (kemeja putih) saat berdiskusi dengan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Kupang.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus human trafficking atau perdagangan manusia menjadi salah satu permasalah serius yang dihadapi masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu, masalah kemiskinan kerap digunakan para pelaku perdagangan manusia. 

Para pelaku kerap menyusup ke wilayah-wilayah yang menjadi kantong kemiskinan dengan modus menawarkan pekerjaan dengan janji manis.

Hal itu pun menjadi sorotan bakal calon gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen TNI Simon Petrus Kamlasi.

Menurut Simon, diperlukan upaya kolaboratif dan perbaikan menyeluruh dari aparat pemerintah untuk bisa  yang menghentikan human trafficking.

Hal itu disampaikannya saat menggelar diskusi bersama anggota dan pengurus Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Kupang.

“Salah satu langkah pertama, adalah membenahi sistem pemerintahan di semua tingkat. Benahi aparatnya dulu dan sistem yang dibangun harus terbaik dan terus dievaluasi,” kata Simon.

Tidak hanya itu, dia juga menyinggung bahwa jaringan terorisme pun menyasar kelompok-kelompok miskin ini.

Dalam kesempatan itu, Simon juga membahas potensi besar pariwisata NTT yang belum dimaksimalkan secara optimal.

Dia lantas mencontohkan bagaimana wisatawan yang datang ke destinasi populer seperti Labuan Bajo hanya bertahan beberapa hari. 

Simon lantas mengusulkan agar skema pengembangan pariwisata diatur lebih baik, sehingga wisatawan dapat mengunjungi lebih banyak destinasi potensial seperti Ruteng, Ngada, Ende, hingga Lembata.

Dia juga mengajak kader-kader PMKRI untuk turut serta dalam menyusun visi dan misi pembangunan NTT. 

Sebab, Simon melihat PMKRI sebagai wadah generasi muda yang kaya dengan gagasan besar dan memiliki peran penting dalam memajukan NTT.  

“Saya rindu NTT ini dibangun dengan konsep berpikir luas, dan itu dimiliki oleh adik-adik di PMKRI dan organisasi mahasiswa lainnya,” terang Simon.

Sebab, dengan potensi besar yang dimiliki NTT, terutama dalam sektor pariwisata dan sumber daya alam, dirinya yakin bahwa generasi muda dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memperbaiki kondisi daerah yang selama ini masih bergulat dengan masalah kemiskinan, stunting, dan pembangunan yang belum merata.

Diketahui  Brigjen Simon Petrus Kamlasi sedang dalam proses pensiun dini dari TNI dan bersiap maju dalam Pilgub NTT 2024. 

Dia akan berpasangan dengan Adrianus Garu dengan, membawa visi besar untuk kemajuan NTT dengan tagline 'SIAGA untuk NTT Maju'.

Baca juga: Brigjen TNI Simon Petrus Kamlasi Klaim Dapat Restu KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak Maju Pilgub NTT

Pasangan ini telah mendapatkan dukungan resmi dari tiga partai politik, yakni Nasdem, PKB, dan PKS, dengan total 16 kursi di DPRD NTT.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini