News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Demokrat Akhirnya Usung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Ridwan Kamil-Suswono maju di Pilkada Jakarta 2024, Selasa (27/8/2024).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPP Partai Demokrat akhirnya merampungkan calon kepala daerah tingkat Provinsi dalam hal ini calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk bertarung di Pilkada 2024.

Terakhir, Demokrat mengumumkan nama Ridwan Kamil-Suswono sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jakarta, di hari pertama pendaftaran untuk calon kepala daerah.

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Maaf soal Cuitan Lama di X, Akui Dulu Jadi Netizen Julid Sering Nyinyir

"Ini puncak dari penyerahan surat rekomendasi Partai Demokrat kepada para kandidat yang akan berkontestasi dalam Pilkada di tahun 2024 ini," kata AHY saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Ridwan Kamil-Suswono, di Kantor DPP Partai Demokrat, Selasa (27/8/2024).

"Telah hadir bersama kita calon gubernur DKI Jakarta, berikan sambutan yang meriah kepada bapak Ridwan Kamil dan juga kepada calon wakil gubernur DKI Jakarta bapak Suswono," sambung AHY.

Baca juga: Ridwan Kamil Ajak Kontestan Pilkada Jakarta Adu Gagasan Bukan Adu Caci Maki, Tantang Anies?

Terhadap kedua sosok tersebut, AHY meyakini kalau pasangan yang juga diusung oleh partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu, bisa memenangkan Pilkada Jakarta.

Pasalnya, Ridwan Kamil-Suswono merupakan tokoh yang memiliki rekam jejak di pemerintahan yang baik.

Ridwan Kamil merupakan, mantan Gubernur Jawa Barat dan walikota Bandung, sehingga diyakini AHY sudah memilki modal untuk mengurus sebuah provinsi besar.

"Dan beliau (Ridwan Kamil) berhasil menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan, baik dari aspek ekonomi, sosial, kebudayaan dan juga terus menghidupkan semangat generasi muda yang ada di Jawa Barat," kata AHY.

Sementara sosok Suswono kata dia, merupakan politikus senior yang bahkan pernah menjabat dan bekerja di pemerintahan pusat.

Dalam hal ini, Suswono kata AHY, pernah menjadi Menteri Pertanian RI (Mentan) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tadi malam juga berdiskusi banyak gagasan-gagasan beliau bagaimana Jakarta juga memiliki ketahanan kemandirian pangan dan bahkan menjadi pusat ekonomi yang semakin maju ke depan ditopang oleh komoditas-komoditas yang juga bisa diunggulkan," kata AHY.

Atas hal itu, Menteri ATR/BPN tersebut meyakini kalau kedua sosok yang didukung oleh KIM itu bisa membawa kebaruan di Jakarta.

Baca juga: PSI Resmi Serahkan Dokumen Dukungan untuk Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta

AHY juga meyakini kalau Ridwan Kamil-Suswono bisa mengawal masa transisi Jakarta dari Ibu Kota negara menjadi kota global dengan baik.

"Kombinasi ini menjadi pasnagan ideal untuk menghadapi siapapun lawan di Jakarta ini dan insya allah menang menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta," tandas dia.

Sebagai informasi, sejatinya Demokrat telah secara resmi mendeklarasikan nama Ridwan Kamil-Suswono maju di Pilkada Jakarta.

Adapun deklarasi itu dilakukan bersama dengan para sekretaris jenderal (sekjen) seluruh partai politik di KIM Plus.

Deklarasi dukungan itu diberikan oleh Demokrat dan jajaran KIM Plus kepada Ridwan Kamil-Suswono pada, Senin (19/8/2024) lalu di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta.

KIM Plus itu sendiri terdiri dari gabungan 12 partai politik di antaranya Demokrat, Gerindra, Golkar, PAN, PSI, PBB, Gelora, Partai Garuda, PKB, PKS, PPP dan NasDem.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini