News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Paslon Cagub-Cawagub Jakarta Mulai Jalani Tes Kesehatan, Berikut Ini Tahapan Pemeriksaannya

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kolase foto bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno saat ditemui jelang pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta, Jumat (30/8/2024) dan Wakil Direktur Pelayanan RSUD Tarakan, Jakarta, dr. Weningtyas Purnomorini MARS

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Jakarta mulai menjalani proses pemeriksaan kesehatan sebagai salah syarat yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum sebagai peserta kontestan Pilkada 2024.

Adapun tahapan pemeriksaan kesehatan itu dimulai pada hari ini, Jumat (30/8/2024) dan akan berakhir pada Minggu (1/9/2024), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta.

Baca juga: Pramono-Rano Karno Jalani Tes Kesehatan di RSUD Tarakan, Akui Sudah Lakukan Persiapan

Pemeriksaan kesehatan hari pertama ini dilakukan untuk pasangan bakal cagub-cawagub dari PDIP yakni Pramono Anung-Rano Karno.

Terkait dengan proses pemeriksaannya, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Tarakan dr. Weningtyas Purnomorini membeberkan terkait dengan tahapan-tahapannya.

Baca juga: Jalani Tes Kesehatan di RSUD Tarakan, Pramono Anung: Bismillah Hasilnya Bagus

"Jadi tahapan yang dilakukan oleh untuk setiap paslon itu adalah tahapan yang sama. Jadi dimulai dengan pemeriksaan psikiatri dan psikotest oleh psikolog," kata Wening saat ditemui awak media di RSUD Tarakan, Jumat (30/8/2024).

Setelah melakukan tes psikologi atau psikotest, para pasangan cagub-cawagub kata Wening, akan dilakukan pemeriksaan terhadap fisik.

Adapun rincian dari pemeriksaan fisik itu di antaranya berkaitan dengan telinga, hidung, tenggorokan (THT) tak hanya itu, tes terhadap mata juga dilakukan.

"Misalnya dokter penyakit dalam, kemudian neurologi, kemudian THT, mata," kata dia.

Lebih jauh, Wening juga menegaskan, pemeriksan terhadap pasangan cagub-cawagub juga meliputi persoalan bagian organ dalam.

Termasuk di antaranya yakni memeriksa kondisi jantung, paru-paru, hingga tulang dan gigi.

"Ada dokter paru juga, dokter stereometri, kemudian dokter bedah urologi, bedah proktologi, bedah orthopedi, bedah umum juga," kata dia.

"Seperti itu nanti. Kemudian ada dokter jantung juga, melakukan treadmill, ada ekokardiografi, ada dokter gigi juga," sambungnya.

Baca juga: Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono Akan Tes Kesehatan di RSUD Tarakan, Ini Jadwalnya

Di akhir, para pasangan bakal cagub-cawagub akan menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) radiologi.

Adapun seluruh tahapan pemeriksaan kesehatan itu kata Wening, memerlukan waktu yang cukup panjang, kurang lebih 11 jam.

"Ditutup dengan pemeriksaan MRI di radiologi. Seperti itu. Jadi tahapannya memang panjang ya, karena ada beberapa pemeriksaan yang cukup memakan waktu yang cukup lama," tandas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini