News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nisya Ahmad Jadi Anggota DPRD Jabar Usai Kandidat Terpilih Mundur, Pengamat: Demokrasi Tak Sehat

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Nisya Ahmad saat dilantik jadi anggota DPRD Jabar.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komaruddin mengomentari adik dari presenter Raffi Ahmad, yakni Nisya Ahmad menjadi anggota DPRD Jawa Barat periode 2024-2029.

Diketahui Nisya Ahmad dilantik menjadi anggota DPRD Jabar dari PAN. Karena Thoriqoh  mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Jabar terpilih.

Baca juga: Nisya Ahmad Jadi Anggota DPRD Jabar karena Kandidat Terpilih Mundur, Pengamat: Catatan Buruk

Menurut Ujang praktik tersebut terjadi juga di parpol lainnya. Meski begitu ditegaskannya praktik tersebut melukai hati masyarakat sebagai pemilih.

“Praktik ini terjadi pada banyak partai, partai lain juga terjadi. Karena sudah ada contohnya  akhirnya PAN mengikuti langkah-langkah partai lain itu,” kata Ujang, Jumat (6/9/2024).

Memang dalam konteks demokrasi, kata Ujang praktik tersebut melukai hati publik, rakyat dan pemilih. 

Baca juga: Tak Terlihat Saat Nisya Ahmad Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar, Andika Rosadi Ucapkan Selamat

“Yang mana publik sudah memberikan pilihannya, aspirasinya kepada tokoh A tapi ditekan mundur dan yang jadi tokoh B yang suaranya lebih rendah,” jelasnya.

Ia menerangkan hal tersebut merupakan fakta dalam politik di Tanah Air. Tidak ada standar ukuran dalam konteks untuk menjaga suara rakyat.

“Mestinya suara rakyat itu dijaga oleh caleg maupun partai politik. Tapi yang terjadi sebuah kenyataan bahwa kandidat terpilih mundur sehingga suara posisi kedua jadi dilantik," kata Ujang. 

"Ini adalah bagian dari demokrasi yang tidak sehat. Karena kalau ini terjadi di banyak daerah dan partai bisa kisruh,” tegasnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini