News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Tak Peduli Hasil Survei Elektabilitas, Pendukung Pramono-Rano Pilih Fokus Konsolidasi

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakal calon Gubernur Jakarta dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 dari PDIP Pramono Anung - Rano Karno saat ditemui di Museum MH Thamrin, Jakarta, Selasa (3/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pendukung bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Pramono Anung-Rano Karno, Kita Gema Nusantara (KGN), merespons hasil survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Berdasarkan hasil rilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru-baru ini terkait elektabilitas calon dan wakil gubernur Jakarta, menunjukan pasangan Ridwan Kamil-Suswono 51,8 persen, Pramono Anung-Rano Karno 28,4 persen. 

Sementara Dharma Pongrekun dan Kun Wardana: 3,2 persen, Tidak ikut memilih (golput): 3,9 persen, Tidak tahu/tidak jawab: 12,8 persen.

Ketua Umum KGN Boyke Hasiholan Simanjuntak mengatakan, lembaga survei bukan rujukan dalam memenangkan calon gubernur dan wakil gubernur. 

“Biarkan saja lembaga survei merilis hasil elektabilitas calon dan wakil gubernur Jakarta. Bagi saya itu tak ada pengaruhnya. Saat ini Relawan KGN hanya fokus melakukan konsolidasi dari tingkat kecamatan sampai kelurahan di seluruh Kota Jakarta,” kata dia kepada wartawan Jumat (20/9/2024). 

Boyke menjelaskan, KGN sudah hampir 80 persen membentuk struktur relawan tim sosialisasi kampanye (Soskam) tingkat kecamatan, dan bekerja lagi membentuk tim penggerak tingkat kelurahan. 

“Tim Soskam dan tim penggerak KGN juga sudah dibekali strategi 'Ketok Pintu' rumah warga untuk mengajak berdialog dan mensosialisasikan program kampanye Mas Pram dan Bang Doel,” ucapnya.

Pendukung Anies Baswedan

Selain itu, Boyke menyampaikan setelah rutin melakukan pertemuan konsolidasi dengan relawan, ternyata sangat banyak pendukung Anies Baswedan ikut bergabung di relawan KGN. 

Termasuk anggota partai diluar pendukung Mas Pram-Bang Doel pun menyatakan bergabung. 

“Rakyat Jakarta itu sudah cerdas dalam berpolitik. Walau Pak Anies Baswedan batal di pencalonan Gubernur Jakarta, tapi hubungan komunikasi beliau ke Pramono-Rano sangat baik sekali. Saya yakin, pendukung Anies nanti bakal banyak yang memilih Mas Pram dan Bang Doel,” ujarnya.  

Survei Terbaru Pilkada Jakarta

Sebagai informasi, Survei LSI ini digelar pada 6 sampai 12 September 2024.

LSI melakukan survei menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error)±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95%, dengan asumsi simple random sampling.

Sampel berasal dari seluruh Kota Administratif di Provinsi Daerah Khusus Jakarta yang terdistribusi secara proporsional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini