News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Targetkan 10 Ribu Wirausahawan Baru, AKA Janji Turunkan Pengangguran dan Kemiskinan Ekstrem

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon Gubernur Sulteng Ahmad Ali dan Calon Wakil Gubernur Abdul Karim Akjufri (AKA) mengikuti pengundian nomor urut di Pilkada Sulteng.

TRIBUNNEWS.COM, PALU - Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Abdul Karim Aljufri (AKA) mengatakan dirinya bersama Calon Gubenur Ahmad Ali menciptakan 10 ribu wirausahan baru di Sulteng.

AKA mengatakan program ini dilakukan untuk menurunkan tingkat kemiskinan dan pengganguran.

“Sepuluh ribu wirausaha baru akan melibatkan banyak orang, banyak pekerjaan, banyak pergerakan ekonomi, efeknya dominonya luar biasa bagi Sulteng mengingat saat ini tingkat kemiskinan ekstrim di Sulteng cukup tinggi,” ujar AKA, Selasa (24/9/2024).

Baca juga: Anies Jawab Desakan Anak Abah untuk Dukung Paslon di Pilkada Jakarta, Minta Pendukungnya Bersabar

Berdasarkan data tingkat kemiskinan mencapai 11, 77 persen atau 379,76 ribu orang pada Maret 2024.

Angka ini berada di atas target tingkat kemiskinan dalam RPJMD Sulteng sebesar 7,65 persen. 

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mencapai 3,15 persen pada Februari 2024 berada di atas target TPT Tahun 2024 mencapai 2,54 persen.

Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pada Februari 2024 mencapai 68,53 persen jauh di bawah target Tahun 2024 sebesar 74,79 persen.

Baca juga: Sule dan Ayah Ayu Ting Ting Jadi Tim Sukses di Pilkada 2024

“Dengan menciptakan wirausaha baru, banyak persoalan ikut terselesaikan termasuk menurunkan angka kemiskinan sesuai target RPJMD, kalau perlu melampaui target,” ujarnya.

AKA mengatakan Sulteng punya banyak faktor yang bisa mendukung penyelesaian kemiskinan dan pengganguran.

Begitu juga Sulteng punya faktor untuk bisa membentuk 10 ribu wirausahan baru.

AKA mengungkapkan sejumlah alasan 10 ribu wirausaha perlu dikebut selama 5 tahun mendatang yakni Sulteng menjadi wilayah yang strategis sebagai daerah penyangga IKN baru dan sebagai akses masuk bagi agenda prioritas pembangunan kedepan.

AKA mengatakan Sulteng bisa dikatakan sebagai provinsi penyangga mengingat lokasinya yang strategis dan dekat dengan IKN. 

“Berapa banyak kebutuhan yang diperlukan untuk IKN, primer maupun sekunder? Sulteng harus jadi pemain utama memenuhi kebutuhan itu, kami punya SDM, punya bonus demografi yang besar, punya lahan, punya dana dan punya akses kuat ke pusat (Prabowo), ini peluang besar untuk membuka usaha,” tegas politisi yang dikenal dekat dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

AKA mengakui keberadaannya sebagai kader Gerindra menjadi satu kelebihan diantara cagub lain mengingat presiden terpilih nantinya adalah Prabowo Subianto yang merupakan ketua umum partainya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini