News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Pilkada Papua Pegunungan, Pasangan John-Ones dan Befa-Natan Beradu Visi Misi Saat Debat

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua Pegunungan 2024 di Wamena menadi sarana menyampaikan program, visi dan misi dari para pasangan calon (paslon).

TRIBUNNEWS.COM, WAMENA- Komisi Pemilihan Umum  Provinsi Papua Pegunungan menggelar debat kandidat pertama yang diikuti dua paslon Gubernur dan Wagub di  di Gedung Aitosa, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (19/10/2024).

Dua kandidat yang tertarung adalah Befa Yogibalom-Natan Pahabol  dan Paslon John Tabo-Ones Pahabol.

Debat antara dua paslon, Befa Yigibalom-Natan Pahabol dan John Tabo-Ones Pahabol berlangsung dinamis dengan pemaparan visi, misi, dan tanya jawab yang substansial.

Para pendukung dari masing-masing paslon juga mengikuti kegiatan debat dengan tertib, kondusif, serta antusias.

 Ketua KPU Provinsi Papua Pegunungan, Daniel Jingga mengatakan, pelaksanaan debat kandidat ini merupakan implementasi amanat undang-undang terkait Pilkada dan debat perdana ini ditayangkan secara televisi nasional,  live streaming di platform digital Youtube dan Tiktok.

Baca juga: Dimyati saat Debat Pilgub Banten: Wanita Jangan Dikasih Beban Berat, Apalagi Jadi Gubernur

"Sebagai dasar pelaksanaan kegiatan yaitu UU Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota," ujarnya.

Selain itu Peraturan KPU Nomor 13 tahun 2024 tentang kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota juga sebagai dasar pelaksanaan memurut pasal 19 ayat satu.

"Di mana disebutkan KPU provinsi dan kabupaten kota memfasilitasi debat pablik terbuka sebanyak tiga kali. Maka kami menggelar debat pertama di Papua Pegunungan dan kedua pada tanggal 2 November di Jayapura dan ketiga pada tangan 16 November di Jakarta," katanya.

Debat kandidat, kata Daniel, bertujuan agar memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang memiliki hak pilih agar mengetahui program dan visi misi dari masing-masing calon dalam membangun provinsi ke depannya.

Tampak Paslon Gubernur dan Wagub Papua Pegunungan, Befa Yogibalom-Natan Pahabol dan Paslon John Tabo-Ones Pahabol saat debat pilkada di Gedung Aitosa, Wamena Papua Pegunungan, Sabtu, (19/10/2024). (Tribun-Papua.com/Noel)

Melalui debat ini, juga diharapkan masyarakat Papua Pegunungan dapat mewujudkan Pemilihan yang damai, lancar, demokratis dan berintegritas.

KPU Provinsi Papua Pegunungan mengajak seluruh lapisan masyarakat Provinsi Papua Pegunungan terlebih khusus yang mempunyai hak memilih, untuk dapat berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 27 November 2024. (Tribun Papua/Noel Iman Untung Wenda)

 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul John Tabo-Ones Pahabol dan Befa Yigibalom-Natan Pahabol Beradu Visi Misi di Debat Kandidat Pertama

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini