News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KPK Tangkap Hakim

KY Cari Cara Agar Mantan Hakim Korupsi Tak Dapat Pensiun

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Pengawasan Hakim Komisi Yudisial, Eman Suparman mengaku belum menemukan cara menjatuhkan sanksi untuk para pensiunan hakim yang terjerat kasus dugaan korupsi.

Karena itu, pihaknya,  kata Eman akan menggali lebih jauh lagi peraturan serta mekanisme pemberian sanksi tersebut.

"Kami belum menemukan peraturannya, kalau dari sisi kewenangan KY, yang jelas hanya berwenang terhadap hakim yang masih aktif," kata Eman di kantor KPK, Kamis (9/1/2014), usai melaporkan enam orang hakim yang diduga telibat kasus suap perkara korupsi bansos Bandung.

Pernyataan Eman disampaikan guna menanggapi polemik masih mengalirnya dana pensiun ke mantan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Sareh Wiyono, sampai saat ini. Padahal, Sareh merupakan satu di antara oknum yang diduga menerima suap penanganan perkara Bansos, Bandung dan telah dilaporkan KY ke KPK hari ini. Bila mekanisme sanksinya sudah ditemui, maka itu akan diberlakukan juga kepada mantan hakim-hakim lain yang diduga terlibat korupsi atau praktek suap.

Pada kesempatan sama, Eman menegaskan pihaknya telah mengantongi bukti suap yang diterima para hakim di wilayah Jawa Barat terkait penanganan kasus Bansos. Karena buktinya valid, akhirnya KY kata Eman, langsung melaporkannya kepada KPK. Sementara hakim yang masih aktif, rencananya akan dipanggil Majelis Kehormatan Hakim Mahkamah Agung.

"Mengenai hakim-hakum yang seyogyanya segera ditangani (KPK) karena sudah nyata betul dari laporan itu bahwa yang bersangkutan menerima sejumlah uang," kata Eman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini