News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2014

Kapolri: Kemacetan Arus Mudik Jalur Pantura Jawa Masih Normal

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Polri Jenderal Polisi Sutarman menyapa pemudik di pintu keluar Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (27/7/2014).

Kapolri : Kemacetan Arus Mudik Masih dalam Batas Toleransi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Sutarman menilai kemacetan pada saat pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2014 di Jalur Pantura Jawa masih dalam batas toleransi atau normal. Amblasnya Jembatan Comal di Pemalang misalnya, memunculkan kemacetan.

"Nah saat amblas itu, terjadi kemacetan panjang hingga 35 kilometer. Kita harus lakukan rekayasa lalu lintas melalui jalur tengah yang merupakan bagian menghambat tapi bisa kita urai," ungkap Sutarman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/8/2014).

Pada saat pengalihan arus, tiba-tiba jembatan Cibaruyam pun amblas yang berakibat tersendatnya arus lalu lintas. Kemudian kepolisian kembali melakukan rekayasa arus lalu lintas dari Rajapolah masuk ke Tasikmalaya hingga tembus ke Ciamis.

"Tentu ini menjadi persoalan. Namun dari keseluruhan melalui jalur yang melintasi Jawa Barat ditempuh dengan waktu rata-rata 10 jam. Jadi masih batas toleransi dan masih cukup lancar," ungkap Sutarman

Angka kecelakaan pun menurun rata-rata 19 persen dibandingkan 2013. Begitu juga dengan korban meninggal dunia, luka berat, dan luka ringan menurun. Pada 2013 selama 14 hari operasi ketupat, kecelakaan ada 3061 kasus. Pada 2014 tercatat hanya 2471 kasus.

Untuk ngka korban meninggal dunia, luka berat, dan luka ringan pada 2013 masing-masing 686 meninggal dunia, 1120 luka berat, dan 4 034 luka ringan. Sedangkan 2014 korban kecelakaan lalu lintas ada 538 korban meninggal dunia, 845 luka berat, dan 3247 luka ringan.

"Angka kecelakaan sangat menurun, rata-rata 19 persen, luka berat dan meninggalnya juga menurun. Kondisinya sangat bagus. Ini merupakan kerjasama masyarakat yang sudah menaati peraturan lalu lintas dan berupaya menyelamatkan diri sampai tujuan," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini