News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

IPI Imbau Para Pilot Tak Berspekulasi tentang Penyebab Jatuhnya Lion Air JT 610

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serpihan Pesawat Lion Air JT 610 hasil temuan Basarnas dan tim penyelamat ditunjukan kepada media di Posko Utama Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/10/2018). Basarnas bersama tim penyelamat lainnya terus melakukan upaya pencarian di Kawasan Perairan Karawang. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Captain Rama Noya mengimbau kepada para anggotanya untuk tidak berkomentar dan berspekulasi mengenai jatuhnya pesawat naas Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang, Senin (29/10/2018).

Hal ini menurut Rama, penting agar tidak makin memperkeruh suasana yang kini sedang fokus pada proses pencarian dan evakuasi korban dan badan pesawat.

"Member dari Ikatan Pilot Indonesia atau pun yang lain untuk tidak memberikan komentar tentang insiden Lion Air JT 610. Karena hanya akan membuat simpang siur informasi," ujar Rama saat diwawancarai Kompas TV dalam program Breaking News, Selasa (3010/2018).

Baca: Foto Korban yang Sedang Tersenyum Diminta dari Keluarga Penumpang Lion Air Jt-610

Dia meminta semua pihak menahan diri untuk tidak mendahului investigasi KNKT sebagai lembaga yang mempunyai ototiritas membuka tabir di balik jatuhnya pesawat generasi terbaru Boing 737 Max-8 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

"Kami harap penyelidikan dari kasus ini bisa membuat kedepan penerbangan di Indonesia yang sudah baik ini menjadi semakin baik," pesannya.

Di bagian akhir ia mewakili para pilot di seluruh Indonesia mengucapkan turut berdukacita yang mendalam kepada kru yang bertugas, penumpang yang berada dalam pesawat Lion Air JT 610.

Baca: Marahi Pemilik Akun Diduga Hina Agama, Deddy Corbuzier: Jangan Pikir Anda Bisa Bebas!

Sebelum ini, Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) ini mengenang saat-saat terbang bersama pilot pesawat naas Lion Air JT 610, Captain Bhavye Suneja dan co-pilot Harvino.

Meskipun tidak terlalu mendalam mengenal pribadi Bhavye Suneja dan Harvino, Rama yang juga pernah bekerja di Lion Air.

Baca: TERPOPULER- PSI Sindir Isu Jenazah saat Debat Soal SARA, Timses Prabowo Geram: Kami Kecewa!

Pengalaman terbang bersama Bhavye pun pernah ia alami beberapa kali.

"Saya pernah terbang bersama dimana kita sama-sama bekerja di Lion Air," kenang Rama mengenai sosok almarhum Bhavye Suneja.

Saat itu, ia mengisahkan, Bhavye menjadi co-pilot dan dirinya menjadi komandan dalam penerbangan.

"Kalau untuk di penerbangan, antara kru, captain dan co-pilot, mereka sering di-switch. Jadi terbang dan bertugas bersama," kisahnya.

"Saat itu almarhum, Captain Bhavye bertindak sebagai co-pilot," lanjutnya.

Pun demikian, pengalaman terbang bersama dengan dengan Harvino.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini