News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2020

Megawati-Puan Bakal Jadi Jurkam, Gerindra : Kehadiran Pak Prabowo Bisa Mengundang Kerumunan Massa

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota DPR RI terpilih Habiburokhman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani dikabarkan menjadi juru kampanye bagi Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di Pilkada Kota Solo 2020.

Akankah langkah turunnya petinggi partai untuk memenangkan paslon yang diusungnya diikuti parpol lain?

Bagaimana dengan Gerindra? 

Juru Bicara Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan pihaknya hingga saat ini masih menunggu format detail terkait kampanye di masa pandemi Covid-19. 

"Kami masih menunggu format detail kampanye di masa pandemi," ujar Habiburokhman, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (23/9/2020). 

Anggota Komisi III DPR RI itu menyebut turunnya Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra sebagai juru kampanye juga harus dipikirkan matang-matang. 

Alasannya, kehadiran Menteri Pertahanan RI tersebut pasti mengundang massa.

Padahal saat ini tidak diperbolehkan membuat kerumunan massa. 

"Kalau situasi normal, kehadiran Pak Prabowo kan bisa mengundang massa. Namun di masa pandemi kita nggak boleh buat kerumunan," kata dia. 

Pengusungan Muhamad - Rahayu Saraswati sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota Tangsel, di kediaman Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, Jakarta, Senin (20/7/2020) (TribunJakarta.com/Istimewa)

Oleh karena itu, Habiburokhman menilai saat ini yang paling aman dan meminimalisir potensi tertular Covid-19 adalah opsi kampanye secara daring atau online. 

"Pergerakan kita juga kan dibatasi, demi meminimalisir potensi terpapar covid. Mungkin yang paling aman adalah kampanye secara daring," tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, para petinggi PDI Perjuangan (PDIP) bakal menjadi juru kampanye Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa di Pilkada Kota Solo 2020.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani yang menjabat Ketua DPP PDIP bidang politik dan pemerintahan akan menjadi juru kampanye Gibran-Teguh.

"Iya pasti (Megawati dan Puan jadi Jurkam). Semua petinggi partai itu menjadi jurkam untuk Pilkada Solo. Kalau enggak didaftarkan dulu kan enggak boleh nanti tiba-tiba datang (kampanye) terus jadi jurkam kan enggak boleh sama KPU," kata Ketua Tim Pemenangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan, saat dikonfirmasi, Selasa (22/9/2020) malam.

Gibran Rakabuming Raka ditemui usai Musyawarah Ranting di PAC Pasar Kliwon, Kota Solo, Jumat (7/8/2020). TribunSolo/Ilham Oktafian (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)

Selain Megawati dan Puan, Putut mengatakansemua pengurus partai di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) adalah juru kampanye di Pilkada Solo karena PDIP sebagai pihak pengusung.

"Semua petinggi partai itu jurkam, semua pengurus DPP itu jurkam dan DPD itu jurkam," ucapnya.

Kendati demikian, Putut tidak bisa memastikan apakah Megawati akan hadir secara langsung saat kampanye berlangsung.

Hal itu lantaran pihak KPU yang menerapkan aturan yang sangat ketat dalam kampanye di tengah pandemi Covid-19.

"Semua harapan (Megawati) hadir. Tetapi kan sekarang ada pembatasan yang lebih ketat soal protokol Covid-19. Jadi kabarnya hanya diperbolehkan untuk 50 orang, masak Bu Mega mau datang ke Solo hanya untuk pidato pada 50 orang, kan enggak, mungkin nanti Bu Megawati pidato melalui daring," ujar dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini