News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Anggota Komisi III DPR Dukung Menteri Yasonna Tinjau Ulang Jabatan Kanwilkumham DKI

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Komisi III DPR RI Supriyansyah.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI mendukung Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly segera mencopot Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kanwilkumham) DKI Liberty Sitinjak. 

Dia menilai, rentetan masalah dan kasus yang terus muncul tindakan tegas harus segera diambil.

Anggota Komisi III DPR RI Supriyansyah meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna segera bergerak cepat dan bertindak lebih tegas lagi kepada jajarannya.

"Saya kira dengan rentetan kasus yang terjadi tahun 2020 kemarin, Menkumham harus segera tindak dengan mengganti kepala Kanwilkumham DKI," katanya, Kamis (21/1/2021).

Dikatakan politisi partai Golkar ini, selama ini memang menindakan pelanggaran hanya sampai setingkat Kepala Lapas maupun Kepala Rutan yang menjabat. Seharusnya, pucuk pimpinan yang ada ditingkat daerah pun perlu dilakukan evaluasi juga.

Baca juga: Komisi III DPR : Yasonna Memang Butuh Wakil Menteri Jalankan Tugas Kemenkumham

"Karena hal itu juga demi membuat lapas menjadi lebih baik. Dan semoga di awal tahun 2021 ini sudah bisa dimulai inspeksi ke semua daerah," ujarnya.

Baca juga: Jika Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolri, akan Libatkan Mantan Napi Teroris Cegah Radikalisme

Sebelumnya, Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahardiansyah yang juga meminta Menteri Yasonna segera mengambil sikap untuk mengganti kepala Kanwilkumham DKI. Hal itu untuk menyelamatkan citra Kementerian Hukum dan HAM yang sebelumnya terus diterjang berbagai isu negatif.

"Ganti kakanwil DKI untuk membersihkan masalah narkoba yang kerap muncul di pemasyarakatan. Apa yang salah, kenapa napi terus terlibat narkoba," ujarnya saat itu.

Trubus mengatakan, sejak pucuk pimpinan kepala kanwilkumham DKI di pegang Liberty Sitinjak, berbagai masalah muncul seperti kasus narkoba dan dugaan pemerasan terhadap napi.

Demo Kemenkum HAM

Mengutip Tribun Jakarta, sejumlah massa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda dan Mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI di Jalan Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/2021).

Massa aksi membawa sejumlah atribut, termasuk spanduk yang berisi informasi tuntutan mereka.

Demonstrasi ini juga mendapat pengawalan dari aparat kepolisan dan petugas keamanan internal Kemenkumham.

Koordinator aksi, Albar, mengatakan demostrasi ini terkait kepemimpinan Liberty Sitinjak selaku Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Massa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda dan Mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI di Jalan Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/2021).
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini