News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kisah Unik

Terjebak Kudeta, 200 Pengawal Bung Karno Sebulan Jadi Tahanan di Aljazair

Penulis: Febby Mahendra
Editor: cecep burdansyah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden RI Ir Soekarno sempat terjebak dalam perjalanan ke Aljajair gara-gara di negeri bekas jajahan Prancis itu terjadi kudeta. Bahkan pasukan pengamanannya, Tjakrabirawa sempat ditahan sebulan. Foto ini menunjukkan Ni Luh Putu Sugianitri, sosok Polwan dan Ajudan Terakhir Bung Karno bersama Soekarno.

TRIBUNNEWS.COM - KISAH unik berikut ini cerita mengenai bagaimana 200 personel Tjakrabirawa, sekarang bernama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), ditahan selama satu bulan oleh pemerintah Aljazair gara-gara di negeri itu terjadi kudeta.

Bermula ketika dalam acara peringatan dasawarsa Konferensi Asia Afrika I digelar di Jakarta, April 1965, disepakati Algier, ibu kota Aljazair, menjadi lokasi Konferensi Asia Afrika II.

Pada saat itu pemerintah Aljazair memang sangat fanatik terhadap Bung Karno, panggilan akrab Presiden Soekarno.

Demi menjamin kesuksesan Konferensi Asia Afrika (KAA) II, Bung Karno mengirim satu kompi Tjakrabirawa bersenjata lengkap ke Aljazair.

Ketika itu Bung Karno tidak memasukkan Yugoslavia sebagai peserta, justru mengikutsertakan China yang tengah bertikai dengan India terkait Tibet.

Sebanyak 200 personel Tjakrabirawa dikirim ke Aljazair untuk membantu pengamanan acara KAA II. Di antara personel yang dikirim itu ada lima anggota Detasemen Kawal Pribadi (DKP) Bung Karno.

Pengiriman personel Tjakrabirawa dalam jumlah besar itu mengindikasikan Bung Karno ingin Indonesia menjadi pemain global.

Tim pendahulu (advanced team), dipimpin Kolonel CPM Harun, Asisten I Resimen Tjakrabirawa,  diterbangkan menggunakan pesawat Hercules.

Celakanya, beberapa saat setelah mendarat di Aljazair, advanced team tersebut ditangkap pemerintah setempat, dan senjatanya dilucuti.

Sementara pada 23 Juni 1965, pesawat Convair Jet 990-A Garuda Indonesia tinggal landas dari Bandara Kemayoran, Jakarta, menuju Aljazair, membawa Bung Karno bersama anggota delegasi Indonesia.

Sewaktu rombongan transit di Karachi, Pakistan, masuk laporan gedung yang sedianya akan dipakai untuk KAA II hancur akibat ledakan bom.

Tak pelak Bung Karno dan rombongan bingung, harus melanjutkan perjalanan, turun di Pakistan, atau balik kanan ke Jakarta.

Akhirnya Bung Karno memutuskan melanjutkan perjalanan ke Kairo, ibu kota Mesir, negara tetangga Aljazair, untuk melihat perkembangan berikutnya.

Sebenarnya, empat hari sebelum Bung Karno berangkat, 19 Juni 1965, terjadi kudeta di Aljazair.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini