News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Bantuan Obat dan Alkes Senilai Rp 750 Miliar dari Amerika Tiba di Indonesia

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

FOTO ILUSTRASI: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. Pengerahan Pesawat jenis Hercules C-130 dengan Pilot Mayor Pnb Aleg Chandra dari Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Selasa (10/8/2021). mengangkut bantuan sebanyak 175 koli alat kesehatan, terdiri dari alat Oksigen Konsentrator dan Selang Nasal Cannula untuk dua wilayah di Sumatera, yaitu Padang dan Medan. (PUSPEN TNI/TRIBUNNEWS)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bantuan obat-obatan terapeutik dan alat kesehatan senilai lebih dari US$ 52,3 juta atau sekitar Rp 750 miliar dukungan pihak swasta Amerika Serikat tiba di Jakarta pada hari ini, Jumat  (13/8/2021).

Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) dalam pernyataannya menyatakan kedatangan obat-obatan dan alkes tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan Menlu RI, Retno Marsudi ke AS pada awal Agustus 2021.

Saat itu, Menlu RI mengatakan bahwa telah disepakati beberapa komitmen baru dalam bidang kesehatan jangka pendek, termasuk dukungan obat-obatan terapeutik oleh perusahaan AS.

Baca juga: Kemensos Salurkan Bantuan Beras PPKM Tahap II, Sasar 8,8 Juta Keluarga Penerima Manfaat

Perusahaan farmasi AS, Eli Lilly memberikan dukungan berupa obat-obatan terapeutik senilai lebih dari US$ 51,6 juta. 

Sementara, Direct Relief, organisasi nirlaba di bidang kemanusiaan, selain melakukan dukungan proses pengiriman obat produksi Eli Lilly dari AS ke Indonesia juga memberikan dukungan sejumlah obat lain dan alkes senilai lebih dari US$ 719 ribu.

Paket dukungan ini dikirim dari bandara Los Angeles pada tanggal 11 Agustus 2021, dilepas oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles.

“Dukungan ini mencerminkan kuatnya persahabatan dan solidaritas rakyat Amerika Serikat kepada rakyat Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Menlu RI menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak, termasuk kepada Senior Vice President Eli Lilly dalam pertemuannya di Washington, D.C. pekan lalu.

Di Bandara Soekarno Hatta, paket dukungan ini diserahterimakan kepada Kementerian Kesehatan RI, yaitu Kepala Pusat Krisis Kesehatan, dan Direktur Tata Kelola Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan, disaksikan oleh Plt. Direktur Amerika I, Kementerian Luar Negeri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini