News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Kamis, 3 Februari 2022: Waspada 27 Wilayah Ini Alami Hujan Lebat Disertai Angin

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prakiraan Cuaca - Simak BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Kamis (3/2/2022) waspada 27 wilayah ini alami hujan lebat disertai angin.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Kamis (3/2/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 99S terpantau di Australia bagian barat, yang menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga mencapai >25 kt di perairan sebelah selatan NTT dan Laut Timor.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik sebelah utara Papua dan barat daya Jawa, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di perairan Utara Papua Barat, Papua bagian tengah, dan di Samudra Hindia barat Lampung hingga barat daya Banten.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang Aceh, Sumatera Barat hingga Bengkulu, di perairan sebelah selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, NTB, NTT, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan dan dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Tenggara serta daerah pertemuan angin/konfluensi di perairan sebelah barat Sumatera, Samudra Hindia selatan Jawa, Bali hingga NTT.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Kamis, 3 Februari 2022: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di 27 Wilayah

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi BMKG Kamis, 3 Februari 2022: 4 Perairan Capai 2,5-4 Meter

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Kamis, 3 Februari 2022 hingga Jumat, 4 Februari 2022:

Kamis, 3 Februari 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini