News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KSAL Bahas Kerja Sama Dengan Admiral Mike Gilday dan Carlos Del Toro di Pentagon Amerika Serikat

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam kunjungannya di Pentagon, Washington DC, AS.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi sejumlah pejabat penting Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) atas undangan Markas Besar Angkatan Bersenjata AS di Pentagon, Washington DC, AS.

Sejumlah pejabat yang dikunjungi Yudo di antaranya Kepala Staf Angkatan Laut atau Chief of Naval Operations/CNO Amerika Serikat (AS) Admiral Mike Gilday dan US Secretary of the Navy (US SECNAV) Carlos Del Toro di Pentagon.

Sejumlah pejabat militer di Pentagon memberikan sambutan hangat dan bersahabat kepada Yudo dan rombongan saat tiba di Pentagon pada 27 Maret 2022 lalu.

Dalam kunjungan tersebut Yudo mendapat sambutan luar biasa sehingga selama kunjungan di AS merasa sangat terhormat dan nyaman.

Dalam kunjungan Yudo kepada Gilday di Pentagon, keduanya membahas pentingnya kerja sama antara kedua negara dalam menghadapi masalah stabilitas keamanan maritim, serta keamanan regional, dan global. 

Yudo juga menyampaikan apresiasi kepada Gilday atas kerja sama yang sudah dilaksanakan.

Ia berharap agar kedepannya dapat meningkatkan program yang sudah berjalan.

Baca juga: KSAL dan Sekretaris Angkatan Laut AS Bahas Kelanjutan dan Peningkatan Kerja Sama

"Saya berterimakasih dalam bidang latihan TNI AL selalu diundang dalam latihan-latihan multilateral maupun bilateral oleh US Navy, dengan harapan kedepannya selalu dapat dilibatkan dalam latihan-latihan yang menunjang profesionalisme prajurit TNI AL dan mempererat hubungan kedua belah pihak termasuk kegiatan Rimpac 2022 di Hawaii," kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Selasa (5/4/2022).

Sementara itu Gilday mengaku menyadari selama lebih dari 70 tahun Indonesia telah menjadi mitra yang berharga. 

Menurutnya telah terjalin kemitraan strategis yang kuat antara TNI AL dan US Navy.

"Saya berterima kasih atas sejarah panjang kolaborasi, kerja sama, dan pelatihan tersebut," kata Gilday.

Kepada Del Toro, Yudo mengatakan juga akan terus melanjutkan dan meningkatkan kerja sama strategis dengan AS sesuai yang telah disepakati.

Terutama, kata Yudo, bidang pembangunan SDM yang profesional baik latihan bersama diantaranya latihan bersama Korps Marinir TNI AL dengan USMC, dengan mengirimkan personel yang berpengalaman dalam operasi.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam kunjungannya di Pentagon, Washington DC, AS. (Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini