News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polisi Tembak Polisi

Ungkap Misteri Kematian, 10 Dokter Forensik Akan Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Makam Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Jambi akan dibongkar untuk dilakukan autopsi ulang demi mengungkap penyebab kematiannya pada Rabu, 27 Juli mendatang di Jambi. Autopsi ulang melibatkan 7 sampai 10 dokter forensik.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 7 hingga 10 orang dokter forensik yang merupakan tim gabungan dokter dari Polri, Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) hingga Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) akan melakukan autopsi ulang jenazah Brigadir Nofrianus Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kegiatan ekhumasi atau autopsi ulang tersebut untuk mengetahui penyebab pasti kematian Brigadir J yang misterius hingga kini dan akan dilakukan di RSUD Jambi pada Rabu, 27 Juli 2022 mendatang.

"Dari Polri ada Dokpol Forensik. Kalau dari eksteral ada Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI), RSCM dan Dokter Forensik dari beberapa Universitas. Jumlahnya di atas 7 sampai 10 lebih," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dihubungi Tribunnews.com, Minggu (24/7/2022).

Dedi menjelaskan, setelah jenazah Brigadir J berhasil diangkat dari makamnya, pihaknya akan membawa jenazah Brigadir J ke RSUD terdekat di Jambi untuk proses autopsi ulang.

"Tempat (autopsi ulang) di RSUD terdekat, karena informasi dari dokter Polda, lokasi makam sempit," jelasnya.

Baca juga: Brigadir J di Mata Sang Kekasih: Orangnya Baik dan Penyayang, Menikah 7 Bulan Lagi

Dedi menyampaikan, keputusan membongkar lagi makan Brigadir J untuk autopsi ujlang tersebut diambil setelah penyidik berkoordinasi dengan pihak kuasa hukum Brigadir J dan Perhimpunan Kedokteran Forensik Indonesia.

"Dari hasil komunikasi pak dir dan pihak pengacara dan ketua perhimpunan kedokteran forensik Indonesia dan para pakar forensik itu diputuskan untuk pelaksanaan ekshumasi di Jambi akan dilaksanakan pada Rabu besok," kata Dedi saat meninjau prarekonstruksi di Rumah Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (23/7/2022).

Baca juga: Komunikasi Terakhir Vera dengan Brigadir J 15 Menit Sebelum Penembakan di Rumah Ferdy Sambo

Ia menuturkan perintah ekshumasi tersebut mengacu pada perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Eks abareskrim itu meminta adanya proses ekshumasi digelar sesegera mungkin.

Dia mengatakan, autopsi ulang Brigadir J bakal melibatkan pihak yang ahli di bidangnya. Karena itu, autopsi ulang diharapkan dapat memperkuat pembuktian dalam kasus tersebut.

"Tim akan berangkat hari Selasa dan Rabu akan dilaksanakan ekshumasi dengan menghadirkan para pihak. Tentunya pihak pihak yang ekspert di bidangnya," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini