News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Masa Jabatan Presiden

Di Musra XVI, Jokpro 2024 Getol Inginkan Jokowi 3 Periode, Apa Tanggapan MPR dan Pengamat?

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Musyawarah Rakyat (Musra) XVI Relawan Jokowi baru saja diselenggarakan di Sleman City Hall, Sleman, Yogyakarta, Minggu 29 Januari 2023. Di forum ini sejumlah relawan menggaungkan Jokowi tiga periode.

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA – Musyawarah Rakyat (Musra) XVI Relawan Jokowi baru saja diselenggarakan di Sleman City Hall, Sleman, Yogyakarta, Minggu 29 Januari 2023.

Momen Musra XVI di Yogyakarta ini menjadi ajang pencarian capres-cawapres dan dihadiri ribuan lebih relawan Jokowi dari berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diantara para relawan Jokowi yang datang, terlihat pula kehadiran kelompok simpatisan Jokpro (Jokowi-Prabowo) 2024 Regional Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti diketehui, kehadiran Komunitas Jokpro (Jokowi-Prabowo) 2024 dua tahun silam, menuai pro kontra lantaran menyuarakan aspirasi Presiden Jokowi tiga periode berpasangan dengan Menhan Prabowo Subianto di pilpres 2024 mendatang.

“Pak Jokowi sangat layak diberi peluang agar bisa tiga periode. Supaya sah, kami harap MPR segera mengamandemen UUD 1945 khususnya pasal tujuh terkait masa jabatan presiden yang semula dua menjadi tiga periode,” kata Ketua Jokpro 2024 Regional DIY, K. Herman Setiawan usai perhelatan Musra ke-XVI, Minggu (29/1/2023).

Herman juga menyinggung bahaya polarisasi ekstrem akibat politik identitas yang mengancam pada pilpres 2024 mendatang.

Ia menuturkan, isu politik identitas seperti pada pilpres 2019 lalu, dapat dihentikan dengan pasangan Jokowi dan Prabowo.

"Jokpro 2024 berkomitmen untuk terus mendakwahkan gagasan tiga periode ini kepada seluruh lapisan masyarakat," ujar Herman.

"Pasangan Jokowi dan Prabowo di 2024 adalah jalan tengah bangsa kita untuk mencegah polarisasi ekstrem akibat politik identitas. Bahaya sekali dampaknya kalau sentimen identitas menjadi landasan kita dalam memilih presiden. Sudah ada contohnya lah, kita sudah rasakan di pilpres 2019 lalu," Herman memberikan alasan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea mengapresiasi antusiasme relawan dan masyarakat Yogyakarta yang hadir membanjiri arena.

Baca juga: Mahfud MD: Pernyataan Bu Mega Soal Wacana 3 Periode Tidak Bertentangan dengan Pak Jokowi

"Sukses Musra Indonesia Yogyakarta. Sampaikan aspirasi dengan gembira," tutur Andi Gani lewat rekaman video yang ditampilkan di arena Musra Yogyakarta.

Andi Gani menjelaskan, puncak Musra diperkirakan akan berlangsung di pertengahan Maret di Jakarta.

Di puncak Musra itu, Andi mengatakan, akan diumumkan 3 nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

Sebelumnya, Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi, mengungkapkan aspirasi melalui Musyawarah Rakyat (Musra) di wilayah Indonesia Timur menginginkan Joko Widodo menjabat sebagai presiden tiga periode.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi, Budi Arie Setiadi.
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini