News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Malam Penganugerahan Mata Lokal Award, Apresiasi Tertinggi Karya Kreatif & Berdampak bagi Indonesia

Editor: Brand Creative Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menparekraf Sandiaga Uno menerima penghargaan sebagai Kolaborator Tribun Network Mata Lokal Award (27/1).

TRIBUNNEWS.COM - Ajang apresiasi Mata Lokal Award telah menggelar malam penganugerahan (Awarding Night) pada Jumat, 27 Januari 2023 di Grand Ballroom, Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta. 

Malam Anugerah Mata Lokal Award dihadiri oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Budi Arie Setiadi (Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) dan Ir. Suharti, M.A., Ph.D. (Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek). Tiga instansi kementerian tersebut sekaligus menerima penghargaan sebagai Kolaborator Tribun Network. Nadiem Makarim selaku Mendikbudristek yang berhalangan hadir juga mengirimkan video pidato kemenangannya.

Rangkaian acara Mata Lokal Award sejatinya telah bergulir sejak November 2022. Ajang penghargaan Mata Lokal Award mengapresiasi entitas bisnis, perseorangan, dan instansi yang berkontribusi menciptakan dampak baik untuk Indonesia dalam skala lokal maupun nasional. 

Karya-karya yang masuk kemudian dikurasi oleh panelis juri antara lain Lembu Wiworo Jati (Executive Creative Director FCN-Finch), Defri Dwipaputra (Executive Creative Director of Dentsu Creative), Dian Gemiano (CMO of KG Media) dan Dahlan Dahi (CEO Tribun Network). Penilaian didasarkan pada pilar-pilar kompetisi dan terdiri atas 5 tema antara lain edukasi, kewirausahaan, lingkungan, kesehatan, dan teknologi. 

Pada malam penganugerahan Mata Lokal Award, total belasan nama menyabet predikat sebagai pemenang Mata Lokal Award. Di kategori Impact, ada BSI (PT Bank Syariah Indonesia Tbk) melalui Program Desa BSI memenangkan Brand Paling Berdampak di Bidang Kewirausahaan, Schneider (Schneider Electric Indonesia) dengan #GreenHeroesforLife sebagai Brand Paling Berdampak di Bidang Lingkungan.

Sementara di kategori Campaign (kampanye) di bidang teknologi, pemenang disabet oleh HP Indonesia (PT. Hewlett Packard Indonesia atas product Victus by HP) dengan HP Lokal Deal sebagai Kampanye Mixed Media Terbaik dengan Tema Teknologi. Kemudian, Grab (Grab Indonesia) dengan program Grab PercayaProjeX meraih predikat Kampanye Aktivasi Terbaik dengan Tema Teknologi.          

Di bidang kampanye edukasi, PT Akulaku Finance Indonesia (Akulaku Paylater) memenangkan Kampanye Aktivasi Terbaik dengan Tema Edukasi lewat program Generasi Muda Semua Bisa. Selanjutnya, di bidang lingkungan, Le Minerale, PT. Mayora Indah Tbk dengan Gerakan Ekonomi Sirkular meraih Kampanye Mixed Media Terbaik dengan Tema Lingkungan.

Pada tema kewirausahaan, deretan karya terbaik antara lain XL Axiata dengan program Sispreneur menyabet Kampanye Mixed Media Terbaik dengan Tema Kewirausahaan, Sampoerna (PT. HM SAMPOERNA, TBK) dengan Festival UMKM #BangkitWirausaha menyabet predikat Kampanye Digital Terbaik dengan Tema Kewirausahaan.

Disusul BRI (Bank BRI)  dengan Pesta Rakyat Simpedes 2022 meraih Kampanye Aktivasi Terbaik dengan Tema Kewirausahaan. Lalu, pada kategori konten, salah satu karya terbaik antara lain Vivo (PT. VIVO Mobile Indonesia) melalui Vivo X80 Series meraih Konten Video Terbaik dengan Tema Teknologi. 

Selain nama-nama di atas, deretan nama pemenang lainnya juga bertengger sebagai yang terbaik di tiap kategori penghargaan. Mata Lokal Award juga menganugerahkan gelar MVP (Most Valuable Person) untuk sosok-sosok inspiratif yang senantiasa menciptakan dampak melalui kontribusinya di masyarakat. Yu Sing (Founder Studio Akanoma), Veronica Colondam (Yayasan Cinta Anak Bangsa), dan Ibrahim Mochamad Bafagih (Komunitas Tangan di Atas) adalah tiga nama yang menyabet gelar MVP. Daftar lengkap pemenang dapat diakses di matalokalaward.id/pemenang. 

Yu Sing memboyong piala MVP Mata Lokal Award di bidang lingkungan.

Para pemenang mendapatkan trofi dan sertifikat Mata Lokal Award. Penuh filosofi, trofi Mata Lokal Award diambil dari bentuk kepala Lembuswana, hewan mitologi kendaraan Mulawarman. Sosok ini menjadi simbol kejayaan sehingga para pemenang Mata Lokal Award diharapkan dapat meneruskan keberhasilan dalam kebaikan dan menciptakan dampak baik bagi sekitar. 

"Kami yakin dukungan dari jaringan Tribunnews sebagai mata lokal yang menjangkau Indonesia sangat powerful dan impactful," ucap Sandiaga Uno dalam pidatonya. 

Berakhirnya Mata Lokal Award sekaligus menandai awal baru bagi Tribunnews bersama jaringan Tribun Network untuk menyebarkan nilai dan menciptakan dampak dari Aceh hingga Papua. Senantiasa mengapresiasi dan mengajak siapa saja, baik pelaku industri, pemerintahan, dan perseorangan untuk berbondong-bondong menunaikan kebaikan. 

Sampai jumpa di Mata Lokal Award edisi berikutnya!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini