News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KSAL Sebut KRI Bung Karno Hingga Kapal Buru Ranjau Akan Perkuat TNI AL Tahun Ini

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di sela-sela Rapim TNI AL 2023 di Mabesal Cilangkap Jakarta Timur pada Senin (13/2/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan sejumlah alutsista akan memperkuat jajaran TNI AL tahun ini.

Ali menjelaskan sejumlah alutsista tersebut di antaranya adalah pesawat patroli maritim Pesawat CN 235-220 MPA, Helikopter Bell 505 Jet Ranger X (JRX), dan pesawat latih Piper Archer PA-28-181.

Selain itu, kata dia, TNI AL juga tahun ini akan diperkuat KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 dan KRI Korvet Bung Karno-369 (untuk VIP).

Selanjutnya, kata dia, akan ada satu Landing Ship Tank (LST) dan dua kapal Patroli Cepat.

Hal tersebut disampaikannya di sela-sela Rapim TNI AL 2023 di Mabesal Cilangkap Jakarta pada Senin (13/2/2023).

"Kapal penyapu ranjau juga yang dari luar (galangan kapal di Jerman), bukan penyapu ranjau, kapal buru ranjau, agak beda sedikit. Ini cukup modern yang kapal buru ranjau ini, tahun ini, mungkin akhir tahun," kata Ali.

Selain itu, kata dia, saat ini pihaknya telah mengusulkan beberapa opsi jenis kapal selam untuk memperkuat jajaran TNI AL.

Baca juga: TNI AL Amankan Jalur Pelayaran Komersial di Perairan Bangka Belitung

Usul tersebut, kata dia, telah disampaikan kepada Kementerian Pertahanan.

"Nanti, Menhan atau Kemenhan akan menentukan mana yang disesuaikan dengan anggaran yang cocok dengan Angkatan Laut. Jadi, masih, mudah-mudahan, doakan saja ada anggaran untuk pengadaan dari luar negeri itu yang bisa mendukung pengadaan kapal selam," kata Ali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini