News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jimly Asshiddiqie Soal Pergantian Ketua MK: Siapa Saja yang Terpilih Kami Terima

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie buka suara terkait masa jabatan Ketua MK Anwar Usman yang bakal berakhir pada 20 Maret 2023 nanti.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie buka suara terkait masa jabatan Ketua MK Anwar Usman yang bakal berakhir pada 20 Maret 2023 nanti.

“Saya rasa siapa saja yang terpilih kita terima. Karena itu kan ada mekanismenya sudah,” kata Jimly saat ditemui di Gedung MK, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Ia berharap agar nantinya proses pemilihan Ketua MK dapat dilakukan dengan baik, sehingga tidak menimbulkan perpecahan di internal.

Ia pun menyarankan agar dalam pemilihan ketua baru, parah hakim konstitusi mengedepankan aspek musyawarah ketimbang pemungutan suara atau voting.

“Ini 9 orang kan, ya pakai musyawarah aja lah harusnya, kalau gak bisa musyawarah baru vooting,” tuturnya.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman  (Ist)

Lebih jauh ia juga berbicara soal calon Ketua MK periode selanjutnya. Menurutnya ada potensi Anwar Usman kembali menjadi orang nomor satu di Mahkamah Konstitusi.

Tak hanya itu, hakim konstitusi Arief Hidayat juga dinilai sebagai sosok potensial menjadi Ketua MK.

“Saya rasa ada kemungkinan (Ketua MK Anwar Usman, red) terpilih lagi. Tapi katanya Arief (hakim konstitusi Arief Hidayat, red) juga mau jadi calon. Bisa aja,” ucap Jimly.

Ia pun mengungkap bahwa tak menutup kemungkinan ada sosok lain yang bakal mengisi kursi Ketua MK. 

Sosok tersebut, lanjut dia, bisa saja dari kalangan wanita seperti hakim konstitusi Enny Nurbaningsih hingga dari kalangan muda.

“Bisa juga muncul tiba-tiba calon baru. Barangkali yang lebih muda, atau satu-satunya perempuan. Ini kan jaman perempuan.

Tak Masalah jika Anwar Usman Terpilih Lagi Jadi Ketua MK

Lebih jauh Jimly mengatakan jika nantinya Anwar Usman terpilih lagi menjadi Ketua MK pun tidak menjadi permasalahan.

Menurutnya, yang terpenting adalah dalam pemilihan ketua baru ini telah melalui kesepakatan kesembilan hakim konstitusi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini