News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Piala Dunia U-20 Gagal, Kemarahan Pemilih Muda Dinilai Bakal Tekan Elektabilitas Ganjar

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ganjar Pranowo saat bercengkerama dengan Oma yang tinggal di Panti Wreda Pengayoman, Kota Semarang, Jumat (31/3/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Trust Indonesia menyatakan batalnya pelaksanaan Piala Dunia U-20 berdampak negatif pada elektabilitas Ganjar Pranowo. 

Trust menyebut sikap Ganjar yang menolak Israel dan berpengaruh signifikan pada pembatalan piala dunia, membuat mayoritas pemilih muda marah dan kecewa pada Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Direktur Riset Trust Indonesia, Ahmad Fadhli menyebut, indikasi dampak elektoral itu terlihat dari sikap netizen yang merujak Ganjar di sosial media.

"Mayoritas mereka marah dengan sikap Ganjar yang dianggap menjadi faktor gagalnya Indonesia ikut Piala Dunia U-20,” kata Ahmad Fadhli dalam keterangannya, Sabtu (1/4/2023).

Fadhli bahkan menyebut kemarahan anak-anak muda sebagai pertanda akan terjadinya peralihan suara pemilih muda. 

Baca juga: PKB Tepis Wacana Prabowo-Ganjar Penghambat Deklarasi Capres KKIR

Apalagi, Ganjar yang saat ini menjadi figur calon presiden (Capres) yang paling banyak mendapat dukungan pemilih muda, berpotensi kehilangan suara akibat tindakannya yang menyebabkan batalnya pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Merujuk analisis cross tabulation survei Trust Indonesia, Fadhli menyebut sebanyak 55,4 persen pemilih muda memilih Ganjar Pranowo. 

Preferensi dukungan tersebut jauh diatas Anies Baswedan yang meraih 45,9 persen dan Prabowo Subianto yang hanya mendapatkan 38,9 persen dukungan.

“Dampaknya kepada Mas Ganjar sangat serius. Boleh jadi akan terjadi swing mood pemilih muda yang sebelumnya banyak memberi dukungan kepada Ganjar. Kemarahan mereka di sosial media itu simbol yang tidak bisa diremehkan,” terangnya.

Fadhli menambahkan berdasar gender laki-laki yang menjadi pecinta sepakbola, sikap Ganjar juga menyebabkan terjadinya potensi peralihan dukungan. 

Ganjar Pranowo yang sebelumnya mampu meraih dukungan sebanyak 25,9 persen dari pemilih laki-laki, diprediksi akan mengalami pengikisan dukungan dari mereka yang menginginkan pelaksanaan Piala Dunia U-20.

“Selain pemilih muda, elektabilitas Ganjar juga akan berkurang pada pemilih laki-laki. Meski tidak terlalu signifikan seperti pemilih muda, tetapi peralihan dukungan pemilih laki-laki ini juga akan menjadi ancaman serius bagi elektabilitas Ganjar,” katanya.

Fadhli pun kembali menegaskan dampak negatif atas elektoral Ganjar Pranowo ini tidak bisa diabaikan. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini