News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Ganjar Pranowo Resmi Capres PDIP, Bukti Puan Maharani Tak Serta Merta Dapat Karpet Merah

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Jokowi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Puan Maharani dan Prananda Prabowo melakukan swa foto disela penetapan Capres di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). PDI Perjuangan melalui Megawati Soekarnoputri menetapkan Ganjar Pranowo sebagai Capres untuk bersaing pada pemilihan presiden 2024 mendatang. TRIBUNNEWS/DPP PDIP

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengatakan diumumkannya Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) membuktikan posisi Puan Maharani tak serta merta mendapat karpet merah.

"Saya yakin ini akan menjadi pembuktian kesekian kalinya bagi Mbak Puan bahwa sebagai anak Ibu Hj. Megawati Soekarnoputeri (Ketua Umum PDIP) tidak serta merta mendapat karpet merah dan cawan emas," kata Said kepada wartawan, Jumat (21/4/2023).

Said menyebut jika Megawati telah menunjuk Puan untuk memenangkan pemilihan legislatif (Pileg) dan Pilpres 2024.

"Sejarah membuktikan kepemimpinan Mbak Puan dua kali memenangkan Mas Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode," ujarnya.

Dia menjelaskan berkat tangan dingin Puan disertai loyalitas dan solidaritas kader, PDIP berhasil menang di Pilkada Jawa Tengah dengan perolehan suara sangat besar 48,8 persen.

Said menilai ditunjuknya Puan sebagai tim pemenangan untuk Ganjar membuktikan bahwa perempuan bisa setangguh bahkan melebih laki laki dalam memimpin.

"Sebagaimana dibuktikan oleh Ibu Hj. Megawati Soekarnoputeri memimpin PDI hingga PDI Perjuangan selama ini," ungkapnya.

Sebagai kader PDIP, dia menuturkan pihaknya akan merapatkan barisan untuk menjalankan perintah Megawati.

"Bagi kami semua, kader PDIP tidak ada kata lain selain holopis kuntul baris, merapatkan barisan, menjalankan perintah Ibu Hj. Megawati Soekarnoputeri selaku Ketua Umum PDIP dengan sehebat hebatnya," ucap Said.

Dia meyakini Megawati mengumumkan Ganjar capres atas perimbangan ideologi, loyalitas, dedikasi, Integritas, kepemimpinan, jiwa pengabdian, kepuasan rakyat, dan elektabilitas.

"Keputusan ini terlebih dulu dilalui oleh Ibu Mega melalui laku spiritual yang panjang dan digenapi dengan puasa 30 hari," tuturnya.

Lebih lanjut, Said memastikan seluruh kader PDIP wajib dalam satu komando di bawah perintah Puan untuk memenangkan partai dan Ganjar.

"Setelah pengumuman bakal calon presiden dari PDIP ini, tiga pilar PDIP yang terdiri dari seluruh struktural partai di semua tingkatan, para kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDIP dan anggota DPR dan DPRD di semua tingkatan akan diberikan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam kerja pemenangan Pileg dan Pilpres," imbuhnya.

Sebelumnya, Megawati mengumumkan secara resmi Ganjar sebagai bakal calon presiden PDIP di Pilpres 2024 hari ini, Jumat (21/4/2023) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Puan Maharani Dapat Tugas Baru seusai Megawati Tunjuk Ganjar Pranowo jadi Capres 2024

Megawati menyebutkan penentuan Gubernur Jawa Tengah dilakukan setelah melewati proses panjang.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo yang sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk di tingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari PDIP," kata dia saat melalui siaran daring.

Pengumuman calon presiden dari PDIP itu disampaikan Megawati secara daring dan dihadiri oleh seluruh kader dan simpatisan PDIP Seluruh Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini