News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

VIDEO Momen Wakil Preisden Ma'ruf Amin Tinjau TMII Pascarevitalisasi

Penulis: Gita Irawan
Editor: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin meninjau kunjungan wisatawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang kini memiliki wajah baru pascarevitalisasi pada Jumat (28/4/2023). 

Ma'ruf berkeliling kawasan TMII menyaksikan antusiasme para wisatawan menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang telah direnovasi. 

Direktur Keuangan dan SDM, PT Bhumi Visatanda Indonesia selaku Perusahaan Pengoperasi TMII, Syafrudin yang juga hadir di lokasi, mengatakan TMII saat ini telah menjadi kawasan yang nyaman bagi wisatawan untuk menikmati wisata budaya. 

“Jadi TMII ini memang kita (fungsikan untuk) menjaga budaya Indonesia agar tetap lestari dan dikenal oleh masyarakat,” kata dia dalam keterangan resmi BPMI Setwapres pada Jumat (28/4/2023). 

Syafrudin juga mengatakan TMII mengusung empat pilar dalam pengelolaannya sebagai kawasan wisata. 

Pilar pertama, kata dia, adalah inklusif yakni TMII menjadi kawasan wisata untuk semua kalangan masyarakat. 

“Jadi kita tidak membatasi kelas masyarakat yang akan berkunjung ke TMII. Silahkan yang ingin berkunjung ke Taman Mini dengan tiket masuk yang murah, Rp25 ribu," kata dia. 

"Kita juga tidak membagi-bagi kelas tiketnya, baik untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara dengan harga yang sama,” sambung dia.

Kemudian pilar kedua, kata Syafrudin, adalah green yakni 70 persen kawasan TMII adalah kawasan hijau yang ramah lingkungan. 

Bahkan, kata dia, tidak semua kendaraan berbahan bakar fosil dapat masuk ke TMII.

“Jadi di sini konsepnya adalah kendaraan listrik. Jadi kalau anak-anak mau bersepeda atau orang tua mau naik shuttle listrik kita juga sediakan di dalam,” kata dia. 

Pilar ketiga, sambung dia, adalah smart. 

Salah satu contohnya, lanjut dia, seluruh transaksi pembayaran di TMII telah menggunakan transaksi nontunai.

“Jadi di TMII ini kita sediakan semua transaksi pembayaran itu menggunakan sistem pembayaran yang cashless untuk memudahkan masyarakat untuk bertransaksi,” kata dia. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini