News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

TNI AL Akan Tingkatkan Lanal Balikpapan Menjadi Kodamar yang Dipimpin Jenderal Bintang 2

Penulis: Gita Irawan
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali saat melaksanakan tatap muka dengan Prajurit TNI AL, di Lanal Balikpapan, Rabu (23/8/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI AL berencana menaikan status Pangkalan TNI AL Balikpapan menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) A yang akan dipimpin oleh Perwira Tinggi berpangkat Bintang Dua.

Hal tersebut menyusul rencana pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengingat Lanal tersebut akan menjadi Lanal penyangga.

Baca juga: 81 Personel Angkatan Darat Australia Tiba di Lanud TNI AL Surabaya untuk Super Garuda Shield 2023

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Dengan demikian, kata dia, kehadirannya menuntut peran aktif dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas dan mengantisipasi berbagai kerawanan yang terjadi. 

Ali menyampaikan hal tersebut saat melaksanakan tatap muka dengan Prajurit TNI AL di Lanal Balikpapan pada Rabu (23/8/2023). 

"Wilayah Balikpapan memiliki sumber daya alam dan energi yang cukup melimpah, sehingga keberadaan satuan TNI AL harus dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia," kata Ali dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Kamis (24/8/2023).

Ali juga berpesan agar segenap prajurit dan PNS TNI AL terus meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta terus tingkatkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme para prajurit.

"Jadikan kehadiran TNI AL di wilayah ini bermanfaat baik itu bagi pemerintah daerah serta masyarakat khususnya di wikayah Balikpapan," kata Ali. 

Baca juga: Menhan Prabowo Yakin Kecanggihan 2 Kapal Buru Ranjau Baru TNI AL Dapat Menjawab Tantangan Hankam

Dalam kunjungan kerja di Kalimantan Timur tersebut, Ali juga meninjau titik lokasi di Dermaga Pantai Melawai yang rencananya akan dijadikan Markas Komando Daerah Maritim (Kodamar) TNI AL, serta lokasi rencana Pembangunan Dermaga yang nantinya sebagai titik penempatan unsur-unsur KRI TNI AL.

Ali beserta sejumlah pejabat tinggi Mabesal juga telah meninjau secara langsung lokasi yang direncanakan sebagai tempat dibangunnya Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara. 

Turut hadir mendampingi Ali dalam kunjungan kerjanya di wilayah Kalimantan Timur diantaranya, Ketua Umum Jalasenastri Fera Muhammad Ali, para Asisten KSAL, para Pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, Komandan Pangkalan TNI AL Balikpapan Kolonel Laut (P) Dr. Hendriman Putra, serta pejabat terkait lainnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini