News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Cuaca Besok - BMKG: Potensi Hujan Lebat dan Angin di 31 Wilayah pada Sabtu, 6 Januari 2024

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi cuaca hujan - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem besok, Sabtu (6/1/2024) hujan lebat dan angin berpotensi terjadi di 31 wilayah.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem besok, Sabtu (6/1/2024).

Dikutip dari laman resmi BMKG, Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu, Perairan barat Kalimantan Barat, Laut Jawa, dan Laut Halmahera.

Sirkulasi tersebut membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Laut Cina Selatan, Kepulauan Riau, Jawa bagian barat, dan Laut Sulawesi.

Baca juga: Cuaca Jabodetabek Besok Sabtu, 6 Januari 2024: Wilayah Tangerang dan Bogor Berpotensi Hujan Sedang

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Laut Cina Selatan hingga Semenanjung Malaysia, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Banda, di Laut Seram, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau berada di Selat Makassar, Laut Flores, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang, dikutip dari bmkg.go.id:

Sabtu, 6 Januari 2024

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Baca juga: BPBD Keluarkan Peringatan Dini: Warga DKI Waspada Cuaca Ekstrem hingga 10 Januari 2024

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini