News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Jokowi Maruf

Jokowi akan Lantik 3 Wakil Menteri, Pengamat: Sarat Kepentingan Politik

Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengamat politik sekaligus pendiri survei Kedai Kopi Hendri Satrio. Hendri Satrio menilai pelantikan tiga wakil menteri tersebut sarat kepentingan politik.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tiga Wakil Menteri pada sore ini pukul 15.00 WIB, Kamis (18/7/2024).

Dua dari tiga calon wakil menteri tersebut merupakan politisi Gerindra.

Founder Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio menilai pelantikan tiga wakil menteri tersebut sarat kepentingan politik.

Baca juga: Keponakan Prabowo akan Dilantik Jadi Wamen, Pengamat: Jabatan Negara Mulai Dikapling Elite Politik

"Nampaknya hal ini untuk kepentingan politik, jadi sangat sarat kepentingan politik," kata Hendri saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2024).

Berdasarkan informasi yang diterima Tribunnews.com, dua dari tiga Wamen yang akan dilantik yakni Thomas Djiwandono dan Sudaryono. Thomas akan dilantik sebagai Wamenkeu II, dan Sudaryono akan dilantik sebagai Wamentan menggantikan Harvick.

Thomas Djiwandono dan Sudaryono diketahui merupakan politisi Gerindra.

Baca juga: Wamen Kominfo Ungkap 4 Langkah Strategis Pengembangan Media Siber yang Berkelanjutan

Hendri menuturkan, Thomas masuk ke kabinet untuk mempersiapkan anggaran saat Prabowo jadi Presiden, termasuk makan siang gratis.

"Sudaryono seperti mendapat jabatan pengganti setelah nampaknya gagal maju di Jawa Tengah karena ada figur Kaesang dan Ahmad Lutfi yang dekat dengan Jokowi," ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan Presiden Jokowi akan melantik tiga Wakil Menteri pada sore ini.

"Hari ini, tanggal 18  Juli 2024, pukul 15.00 WIB akan diagendakan pelantikan beberapa Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara," kata Ari.

Adapun posisi Wakil Menteri yang akan dilantik tersebut yakni Wakil Menteri Keuangan. Akan ada penambahan Wamen selain Wamen yang sekarang dijabat oleh Suahasil Nazara untuk membantu tugas Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Selain itu yang akan dilantik juga adalah Wakil Menteri Pertanian. Wamentan akan dilantik untuk menggantikan posisi Harvick Harvick Hasnul Qolbi.

Terakhir Wamen yang akan dilantik yakni Wakil Menteri Investasi. Jabatan tersebut saat ini masih kosong.

"Mengenai siapa nama-nama yang akan dilantik, nanti tunggu jam 15.00 WIB," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini