News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepala BPIP Yudian Wahyudi: Jika Bersatu Sumber Daya Alam Bisa Dikelola untuk Kesejahteraan Rakyat

Penulis: willy Widianto
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi, saat menjadi Keynote Speaker pada Seminar Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Kerangka Peneguhan Integritas Kebangsaan yang diselenggarakan di Auditorium Mastur Jahri, UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu (26/7/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja keras bersama, kolaborasi, dan semangat gotong-royong semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Riau, pada 1 Juni 2024 lalu.

"Keberhasilan dan kelancaran acara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 tentu tidak terlepas dari kontribusi, bantuan, gotong royong, dan kerja keras Bapak/Ibu sekalian, baik dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, Pertamina Hulu Rokan, TNI, Kepolisian, serta Tim Kepanitiaan dari BPIP, yang telah memastikan kesuksesan acara ini meskipun dengan waktu persiapan yang sangat singkat," ujar Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A, Ph.D dalam pernyataannya, Rabu(31/7/2024).

Seperti yang diketahui, Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta segenap pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Kementerian/Lembaga, BUMN dan BUMD.

"Penunjukan Blok Rokan sebagai tempat penyelenggaraan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 didasarkan pada semangat nasionalisme dan kedaulatan ekonomi. Kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi sejak tahun 2021 menyampaikan pesan bahwa jika kita bersatu, kita mampu mengelola sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat," kata Prof. Yudian.

"Saat peringatan Harlah di Dumai kemarin, Bapak Presiden menegaskan dalam pidatonya bahwa Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi, untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional, dan berdiri di atas kekuatan sendiri.", tambah Prof. Yudian.

Sementara itu Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat, dan Administrasi BPIP, Dr. Mahnan Marbawi, M.A.menjelaskan banyaknya partisipasi penghargaan berkat keberlangsungan Peringatan Harlah Pancasila tersebut.

"Upacara ini dihadiri oleh 1200 peserta dari berbagai matra, ASN, Kejaksaan, dan masyarakat, dengan hampir 4000 pengunjung dan 530 penerima apresiasi,' jelas Marbawi.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Indra selaku Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Riau.

"Atas nama Pemprov Riau, Kami menyambut baik acara apresiasi kemitraan ini sebagai rasa syukur bersama. Kerja keras ini kita apresiasikan bersama, dan mari wujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk masa depan yang lebih baik. Kami berharap BPIP dapat mengajak seluruh komponen bangsa, khususnya masyarakat Riau, untuk bekerjasama dan berkolaborasi sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.", tegasnya.

Baca juga: BPIP Ungkap Alasan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Digelar di Blok Rokan

"Semangat Pancasila, terutama nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang luhur, harus selalu kita terapkan demi tercapainya tujuan nasional. Berkat kebersamaan dan gotong royong, acara ini dapat terlaksana dengan lancar. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesuksesan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Dumai.", tambah Komandan Resort Militer (Danrem) 031/Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini