News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gaya Hidup Anak & Menantu Jokowi

2 Alasan Kaesang Pangarep Numpang Jet Pribadi Milik Temannya ke AS

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Selasa (17/9/2024). Kaesang datang mengenakan kemeja putih. Dia tidak menjelaskan alasannya datang ke Gedung Lama KPK. (TRIBUNNEWS/HO/PSI)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024) kemarin.

Tujuannya untuk melakukan klarifikasi penggunaan jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya Erina Gudono.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang.

Namun Kaesang tidak menjelaskan lebih jauh soal jet pribadi yang ditumpanginya tersebut.

Ketua Umum PSI ini meminta awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya.

Alasan Pertama

Juru Bicara Kaesang, Francine Widjojo, mengungkapkan sebenarnya Kaesang dan istri akan menggunakan pesawat komersil untuk terbang ke AS pada 20 Agustus 2024 lalu.

Hanya saja, menurut dia secara kebetulan teman Kaesang juga bakal pergi ke AS pada 18 Agustus 2024.

Sehingga  Kaesang dan istri akhirnya memutuskan untuk menumpang jet pribadi milik temannya itu ke AS.

"Kalau terkait dengan kejadiannya, sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar tanggal 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial, kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus makanya nebeng," ujar Francine di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.

Francine mengungkapkan bahwa jet pribadi teman Kaesang itu masih muat untuk dinaiki oleh Kaesang dan istrinya.

"Pas masih muat. Kebetulan masih muat, makanya bisa bareng," jelasnya.

Alasan Kedua

Pekan lalu, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo)  Budi Arie Setiadi  mengatakan kemungkinan Erina, istri Kaesang, naik jet pribadi karena tak bisa  menaiki pesawat komersil sebab tengah hamil tua.

Budi Arie juga membantah bahwa jet pribadi yang dinaiki Kaesang adalah hasil gratifikasi.

“Gini. Enggak ada, dia kan pribadi. Nah itu dari temannya. Pokoknya sudahlah. Gini loh. Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah delapan bulan. Kan enggak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh?” kata Budi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Indonesia Joko Widodo, menjawab pertanyaan wartawan saat meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta pada 17 September 2024, usai dipanggil KPK guna memberikan klarifikasi terkait penggunaan jet pribadi untuk perjalanan bisnis ke AS. (Photo by BAY ISMOYO / AFP) (AFP/BAY ISMOYO)

Penjelasan KPK Berdasarkan Laporan Kaesang

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini