News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Liputan Khusus

Warga Koja Sudah Kangen Banget: 'Nanti Tujuh Bulan Lagi Abah Ma'ruf Bisa Main ke Gang Lorong 27'

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rumah pribadi Ma'ruf Amin di Koja, Jakarta Utara, Senin (21/10/2019).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalan Deli Gang Lorong 27, RT 07/08, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara tampaknya bukan tempat biasa bagi KH Ma'ruf Amin. Jauh sebelum menjadi Wakil Presiden, ia yang sempat tinggal berpuluh-puluh tahun di wilayah tersebut.

Mulai dari ketika ia menjabat sebagai anggota DPRD DKI Jakarta tahun 1971, kemudian menjabat anggota DPR RI selama dua periode rentang waktu 1997 sampai 2004, menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga terpilih sebagai Wapres mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 silam.

Waktu yang lama itu memupuk kedekatan hubungan antara keluarga Ma'ruf Amin dengan para tetangganya di Koja. 

Baca juga: Maruf Amin Beri Pesan ke Prabowo saat Hadiri Sidang Kabinet Terakhir, Singgung soal Keberlanjutan

Ma'ruf Amin baru meninggalkan Koja dan pindah ke rumah dinas Wakil Presiden di Menteng, Jakarta Pusat, setelah keterpilihannya sebagai Wapres.

Wartawan Tribunnews sempat menyambangi daerah sekitaran rumah lama Ma'ruf pada Jumat (14/9). Perasaan dekat dengan Ma'ruf serta keluarganya itu dicurahkan sejumlah warga di sana, yang mengharapkan mantan Ketua MUI itu bisa kembali pulang ke rumah lamanya di Gang Lorong 27. 

Mengingat, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI, pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Malawi (56), Ketua RT 07/08 Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, mengatakan domisili Ma'ruf Amin sejatinya telah berpindah ke Depok sejak dua tahun lalu. Ia memastikan hal tersebut lantaran proses pindah domisili Wapres itu juga dibantu olehnya.

Adapun secara kepemilikan rumah di Koja tersebut masih atas nama Ma'ruf Amin. Walaupun saat ini hanya dihuni oleh beberapa pegawainya. 

"Sebenarnya warga sini berharap kembali ke sini kalau bisa. Tapi status kependudukannya wilayahnya udah pindah ke Depok," kata Malawi kepada Tribunnews.

Setelah Ma'ruf Amin pindah ke Menteng, hanya sang istri, Wury Estu Handayani, dan anak-anaknya yang masih menengok rumah lama mereka, meski kata Malawi itu juga cenderung jarang. 

Keluarga Ma'ruf lebih sering datang jika ada acara tertentu di sana, misalnya Haul Syekh Nawawi Al-Bantani yang merupakan kakek buyutnya dan Haul mendiang istri Ma'ruf, Siti Churiyah.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Wanti-wanti Jasa Travel Haji Agar Prioritaskan Kualitas Layanan Umat

Meski demikian, Ma'ruf yang kerap disapa dengan sebutan 'Abah' oleh warga sekitar karena dianggap sudah sepuh itu, disebut ingin menyambangi para tetangganya setelah berakhir masa jabatan Wapres.

Tetangga yang rumahnya berada persis di depan kediaman Ma'ruf, Lestari (64), mengungkapkan hal itu disampaikan Ma'ruf kepadanya saat bertemu dalam acara buka puasa bersama rombongan pengajian di Koja, yang digelar di rumah dinas Wapres, di Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ma'ruf diakui kangen dengan rumah lamanya di Koja. Namun, orang nomor dua di Indonesia itu disebut kasihan kepada warga yang merasa sulit jika ingin bertemu dikarenakan pengawalan Paspampres yang ketat. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini