News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta 2024

Ini Tujuh Nama Panelis Debat Perdana Pilgub DKI Jakarta di JIExpo

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Pramono Anung.

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta sudah menunjuk tujuh panelis untuk debat perdana pada Minggu (6/10/2024) mendatang.

“Panelisnya untuk debat pertama akan ada 7 orang panelis dari berbagai macam unsur bidang keilmuan,” kata Anggota KPU DKI Jakarta, Astri Megatari di kantornya, Kamis (3/10/2024). 

Nama penelitian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro hingga pakar komunikasi politik Gun Gun Heryanto masuk dalam deretan nama panelis itu.

Para panelis nantinya bakal dikarantina dalam menyusun pertanyaan untuk para peserta di segmen kedua dan segmen ketiga.

 "Panelis sendiri nanti akan memulai proses karantina untuk menyusun pertanyaan," jelas Astri.

"Diharapkan dalam waktu 2 hari ini panelis ini dapat segera menyusun pertanyaan yang nantinya akan diajukan pada segmen 2 dan segmen 3 dalam debat perdana kali ini," sambungnya.

Adapun berikut tujuh nama panelis debat perdana Pilgub DKI Jakarta:

  1. Dr. Gun Gun Heryanto MSI
  2. Dr. Beki Mardani MM
  3. Prof. Dr. R. Siti Zuhro MA
  4. Prof. Dr. Nurliah Nurdin Ssos MA
  5. Doktor Ahsanul Minan
  6. Doktor Didik Suharyanto 
  7. Andhyta Firselly Utami

Debat perdana mendatang mengusung tema Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global. 

Astri mengatakan, di dalam tema itu nantinya bakal ada beberapa pembahasan yang berkaitan dengan unsur penguatan untuk ketahanan budaya hingga bagaimana pembangunan sumber daya manusia.

“Bagaimana kemudian paslon dapat memiliki program untuk perempuan, anak, kemudian kaum marjinal lalu disabilitas,” ujarnya.

“Lalu juga bagaimana paslon ini menghadirkan visi misinya terkait bagaimana nanti ketika Jakarta tidak lagi menjadi ibukota namun arahnya adalah menjadi kota global,” ia menambahkan. 

Debat perdana Pilgub DKI Jakarta bakal berlangsung Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara.

Seperti halnya pilpres lalu, ada 6 segmen nantinya dalam total durasi debat 150 menit yang dibagi atas 120 menit pelaksanaan debat dan 30 menit jeda iklan.

Sebagai informasi, KPU DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta. 

Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta yang dilakukan di Kantor KPUD Provinsi DKI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini