News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketua MPR Ahmad Muzani Minta Seluruh Rakyat Indonesia Suarakan Kemerdekaan Palestina

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani resmi dilantik menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Muzani meminta seluruh rakyat Indonesia menyuarakan kemerdekaan Palestina.

Dia meminta semua pihak harus berkolaborasi agar penderitaan rakyat Palestina didengar oleh dunia.

Baca juga: Jadi Ketua MPR, Muzani Minta Partisipasi Publik: Kritik jika Ada Putusan Kami yang Salah

"Saya mengajak semua elemen masyarakat, termasuk media, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, untuk bersinergi dalam menyuarakan kepentingan rakyat Palestina, kita harus berkolaborasi untuk memastikan bahwa suara mereka didengar, dan diperjuangkan mendapatkan dukungan internasional yang kuat," kata Muzani seusai dilantik menjadi Ketua MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Sekjen Partai Gerindra itu mengingatkan bahwa kemerdekaan Palestina merupakan sebuah amanah sejarah yang sudah dipikul Indonesia sejak Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 lalu.  

Pada konferensi itu, melahirkan adanya Dasa Sila Bandung yang sampai sekarang menjadi amanat konstitusi yang belum tercapai.

Baca juga: Pidato Perdana Sebagai Ketua MPR RI, Ahmad Muzani Minta Seluruh Anggota MPR Hidup Sederhana

"Karena itu pengaruh yang kita miliki, baik di nonblok, di G20, di APEC, di OKI, MPR mendorong agar pemerintah Republik Indonesia menggunakannya untuk mencegah peperangan yang lebih luas dan menciptakan Palestina yang lebih merdeka," ungkapnya.

Apalagi, Muzani pun mengingatkan eskalasi politik di timur tengah memungkinkan terjadinya berbagai macam bahaya. Karenanya, konflik ini harus dihambat agar tidak meluas.

"Kami mohon dengan hormat, agar pemerintah Republik Indonesia menggunakan pengaruhnya untuk mencegah agar eskalasi tersebut tidak meluas dan tidak sampai merambat kemana-mana," jelasnya.

"Meskipun kita harus mencegah terjadinya peperangan yang luas di satu sisi, tetapi di sisi lain kita juga harus tetap memperjuangkan kemerdekaan Palestina sebagai sebuah komitmen yang tetap kita junjung tinggi," sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini