News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

kopi

VIDEO Saat Pemkab Dairi Gelar Festival Kopi Sidikalang, BI Buka Peluang Ekspor ke Jepang

Editor: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, SIDIKALANG - Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut) menggelar Festival Kopi Sidikalang bersama para pelaku UMKM di Gedung Nasional Djauli Manik Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, Kamis (29/12/2022).

Pelaku UMKN yang ikut berasal dari Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan gairah para petani kopi beserta pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas kopi di Sidikalang.

"Pertama itu untuk menjaga gairah dua sisi antara petani dengan praktisi kopi agar tetap semangat dan bisa merasakan dukungan pemerintah yang tetap konsisten, " Ujar Eddy Berutu.

Dirinya pun meminta kepada seluruh perangkat daerah untuk turut serta membantu pertanian kopi yang ada di Kabupaten Dairi, sehingga pertanian kopi di Sidikalang dapat meningkat.

"Mari kita tingkatkan konsumsi kopi kita. Oleh karena itu pemerintah sudah mengambil keputusan untuk di setiap kantor - kantor kita , makan dan minumnya wajib mengkonsumsi dari bahan dasar kopi, " Jelasnya.

"Kemudian kita ingin tularkan semangat minum kopi ini kepada kantor - kantor dan ke masyarakat kita, " Tambahnya.

Dirinya pun meminta kepada pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan kemampuan dini dalam memproduksi kopi, dan membuat katalog agar nantinya bisa di beli oleh kantor - kantor yang ada di Kabupaten Dairi.

Bank Indonesia Dukung Kopi Sidikalang

Sementara itu, Bank Indonesia akan mendukung kopi Sidikalang untuk diperkenalkan ke tingkat Nasional maupun Internasional.

"Rasanya bermain di level Nasional, nama kopi Sidikalang ini akan sama dengan kopi Toraja dan Kopi Gayo , bahkan menurut saya bukan suatu hal yang mustahil untuk kita bisa menembus pasar Internasional, " Ujar perwakilan BI Sumut, Wahyu Yuwana.

Bahkan, Wahyu juga menyampaikan bahwa BI perwakilan di Tokyo, Jepang sudah membangun House of Been, yang mana tempat tersebut bisa menjadi pintu masuk kopi Sidikalang agar terkenal sampai ke kanca Internasional.

"Jadi saya sampaikan juga ini Bank Indonesia perwakilan di Tokyo, Jepang sudah membangun House of Been. Nah ini bisa jadi pintu masuk sebetulnya untuk kita bisa masuk di pasar ekspor ke Jepang dan beberapa negara lain, " Sebutnya.

Dirinya pun berharap agar kualitas kopi Sidikalang maupun komoditi lainnya dapat lebih terus bertahan dan bisa terkenal sampai ke penjuru dunia.

"Yang pasti kami dari Bank Indonesia akan selalu mensupport karena memiliki multi playernya banyak gitu. Baik itu dari petani maupun pariwisata," tutupnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Pemkab Dairi Gelar Festival Kopi Sidikalang, BI Buka Peluang Ekspor Kopi Sidikalang ke Jepang 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini